0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Android P Blokir Aplikasi Untuk Android 4.1 ke Bawah

Android P. (ubergizmo.com )

Timlo.net—Mungkin ada banyak aplikasi di Gooogle Play Store yang belum diperbarui sejak dirilis. Bahkan pengembang aplikasi itu mungkin sudah meninggalkan aplikasi tersebut. Tapi beberapa aplikasi lawas ini biasanya masih bisa bekerja pada Android versi baru. Sayangnya, hal ini akan berubah dengan dirilisnya Android P.

Menurut pemberitaan dari Android Police, Android P akan memblokir aplikasi yang dibuat untuk Android 4.1 atau versi yang lebih lawas. Hal ini berarti para pengguna yang memperbarui smartphone mereka ke Android P, tidak bisa lagi memakai aplikasi lawas.

Hal ini masuk akal. Sekalipun aplikasi lawas itu berfungsi, tapi mereka mungkin punya cacat keamanan. Cacat itu membuat perangkat rawan terkena virus atau dihack. Selain aplikasi lawas itu juga tidak dioptimalkan untuk perangkat modern. Terutama dalam hal fitur, UI (user interface), resolusi dan lain-lain.

Google tidak sendirian karena Apple sebelumnya meminta para pengembang mengupdate aplikasi ke 64-bit. Jika tidak aplikasi mereka akan dikeluarkan dari iTunes App Store. Android P saat ini tersedia dalam versi developer preview. Kemungkinan besar Android P akan dirilis pada akhir tahun ini.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge