0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tim Cyber Juang Siap Kampanyekan Ganjar-Yasin dan Tangkal Hoax

Pelatihan Tim Cyber (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) Solo membentuk Tim Cyber Juang, Minggu (18/3). Tim tersebut bertugas mengampanyekan pasangan Ganjar Pranowo – Taj Yasin Maimun pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah yang digelar 27 Juni mendatang.

“Setiap anggota wajib mengampanyekan pasangan Ganjar-Yasin minimal lima kali sehari,” kata Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik Agitas dan Propaganda DPC PDIP Solo, Ety Isworo di sela acara.

Ety Isworo tak menampik dampak kampanye di dunia maya sangat besar. Terbutki saat Pilkada di Jakarta tahun lalu, kata dia, pandangan miring publik terhadap pasangan Ahok-Djarot tak lepas dari kencangnya berita negatif yang beredar di sosmed. Terutama terkait kasus penistaan agama yang melibatkan Gubernur Petahana, Ahok.

“Padahal kita semua tahu Pak Ahok terbukti bagus dalam memimpin Jakarta,” kata dia.

Tak hanya mengampanyekan pasangan Ganjar-Yasin, Tim Cyber Juang juga diarahkan untuk menangkis serangan-serangan hoax maupun black campaign yang diarahkan kepada pasangan yang diusung PDIP itu. Namun dalam hal ini, Ety memberi rambu-rambu yang sangat tegas. Kader PDIP dilarang keras membagikan berita-berita fitnah maupun berita yang belum terbutkti kebenarannya. Di samping itu, anggota Cyber Juang juga dilarang menggunakan bahasa bernada kasar maupun menyerang.

“Cukup dibalas dengan menunjukkan fakta yang sebenarnya dengan bahasa yang halus. Tidak perlu pakai kata-kata kasar,” kata dia.

Ia menambahkan, kader PDIP sebenarnya sudah sejak lama menjalankan kampanye melalui media sosial. Namun selama ini gerakan di dunia maya itu masih dilakukan secara personal dan sporadis.

“Belajar dari yang sudah-sudah, sekarang kita koordinir dan terstruktur. Kita pun hanya mengambil berita-berita dari media massa yang resmi,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge