0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tatap Layar Ponsel Selama 20 Jam, Wanita Ini Alami Pembekuan Darah di Otak

Wanita paruh baya yang terkena pembekuan darah di otak. (nextshark.com)

Timlo.net—Seorang wanita berusia 47 tahun mengalami pembekuan darah di otaknya setelah menatap layar ponselnya. Dia menatap layar ponselnya selama 20 jam perjalanan tanpa henti.  Wanita yang namanya dirahasiakan itu, berpergian dari kampung halamannya di Provinsi Henan ke kota Guangzhou, Cina. Dia bepergian untuk bekerja, tulis South China Morning Post, Rabu (14/3).

Perjalanan itu dilakukan pada akhir perayaan Imlek 2018. Semua alat transportasi umum penuh saat itu. Untuk mengisi waktu dalam perjalanan, sang wanita memutuskan menghibur dirinya dengan smartphone. Tapi karena tidak ada cukup ruang di kereta api yang dia naiki, dia tetap dalam posisi yang sama selama 20 jam.

Sang wanita dikabarkan pingsan dan dilarikan ke rumah sakit. Para dokter segera melakukan scan CAT dan menemukan beberapa bagian otak mengalami pembekuan darah.

Wanita itu menjalani operasi selama tiga jam supaya pembekuan darah tidak mengancam nyawanya. Meng Heng, ahli saraf dari the First Affiliated Hospital of Jinan University di Guangzhou menjelaskan penyebab pembekuan darah itu. Menurutnya hal itu terjadi karena sang wanita berada dalam posisi yang sama dalam waktu lama.

“Kami mengeluarkan banyak darah beku, seluruhnya hampir mencapai panjang 2 cm, dua kali lebih panjang dari sebagian besar pasien,” ujar sang dokter.

“Kami berpikir dia tetap pada posisi tubuh yang sama dalam waktu yang terlalu lama, yang menekan pembuluh darah di bagian kanan lehernya,” tambah Meng.

Meng berkata jika jumlah kasus anak muda mengalami pembekuan darah meningkat. Dia menyarankan para pengguna smartphone tidak terus menatap layar dalam waktu lama. Mereka harus beristirahat dan berubah posisi dari waktu ke waktu.

Wanita itu dikabarkan dalam kondisi sehat dan tidak menderita penyakit kardiovaskular sebelumnya. Ironisnya, saat dirawat di rumah sakit, sang wanita mengisi waktu luang dengan bermain smartphone.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge