0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Bersikap Murah Hati Buat Orang Bahagia

Wanita tertawa. (rd.com )

Timlo.net—Menurut sebuah penelitian yang dilakukan tim ahli internasional, bersikap murah hati membuat orang lebih bahagia.

Sistem saraf di wilayah otak yang berkaitan dengan kemurahan hati mengaktifkan saraf di ventral striatum. Bagian saraf itu dihubungkan dengan kebahagiaan, tulis penelitian itu.

Sekelompok orang terdiri dari 50 peserta di Swiss mengambil bagian dalam eksperimen ini. Masing-masing orang diberikan 25 Swiss Francs (sekitar Rp 343.475) per minggu selama empat minggu, tulis Daily Mail.

Sebagai bagian dari percobaan, para peserta diminta melakukan tugas mandiri. Dalam tugas itu mereka bisa bersikap murah hati atau tidak. Aktivitas otak diukur menggunakan functional magnetic resonance imaging (fMRI).

Mereka diminta memberikan 3 hingga 25 francs dari uang mereka sebagai hadiah. Hasil penelitian mengungkap jika orang yang menghabiskan uang mereka untuk orang juga bersikap lebih murah hati dalam tugas mereka. Selain itu orang-orang ini mengaku mengalami kebahagiaan yang lebih besar.

Hasil uji fMRI membuktikan hipotesa para peneliti.  “Kami menemukan perilaku murah hati dan kebahagiaan yang lebih tinggi, ditunjukkan oleh aktivitas TPJ yang lebih besar untuk pilihan yang lebih murah hati. Kami menyimpulkan jika wilayah otak yang terhubung dengan perilaku murah hati dengan kebahagiaan itu saling terkait,” tulis para peneliti. Hasil penelitian selengkapnya diterbitkan dalam jurnal Nature Communications.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge