0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pelaporan SPT Tahunan di Kanwil DJP Jateng II Masih Minim

Pelayanan pajak di KPP Pratama Solo (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Jumlah pelaporan surat pemberitahuan (SPT) Tahunan, Pajak Pengahasilan (PPh) Orang Pribadi yang dilakukan para wajib di Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II pajak masih minim. Untuk mendongkrak tingkat kepatuhan tersebut berbagai upaya terus dilakukan, baik dengan sosialisasi maupun dengan membuka stand pelayanan disejumlah titik keramaian.

“Untuk di KPP Pratama Solo dari 91.370  wajib pajak terdaftar, tercatat sampai dengan saat ini baru sekitar 13.060 atau 14,29 persen yang melakukan pelaporan SPT Tahunan,” ujar Plt Kabid P2 Humas Kanwil DJP Jateng II, Basuki Rahmat kepada wartawan, Jumat (9/3).

Sementara untuk di Kanwil DJP Jateng II, menurutnya wajib pajak (WP) orang pribadi (OP) yang terdaftar sampai dengan periode 31 Desember 2017 tercatat mencapai 1.457.780. Dari total WP OP tersebut sampai dengan saat ini yang sudah melaporkan SPT Tahunannya baru mencapai 227.382. Sehingga baru sekitar 15,6 persen yang sudah melaporkan.

“Kalau sekarang memang masih sedikit, karena biasanya WP baru ingin melaporkan SPT nya kalau sudah mendekati batas akhir periode,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pelaporan itu, Basuki menghimbau masyarakat untuk segera melaporkan diawal bulan. Tujuannya agar tidak terjadi penumpukan laporan. Sementara untuk meningkatkan kesadaran para wajib pajak, lanjut dia berbagai upaya telah dilakukan. Salah satunya dengan massif melakukan sosialisasi dan upaya jemput bola.

“Untuk memaksimalkan pelayanan, nanti diminggu ketiga kita akan buka stand pelayanan di sejumlah titik keramian. Seperti di Solo Square, Solo Grand Mall dan penambahan stand pelayanan dikantor KPP dan Kanwil,”tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge