0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Banjir, Ribuan Warga Kabupaten Bandung Mengungsi

ilustrasi banjir (sumber: Pixabay)

Timlo.net – Tiga wilayah di Kabupaten Bandung masih terdampak banjir. Sebanyak 599 kepala keluarga (KK) yang terdiri atas 1.938 jiwa masih bertahan di sejumlah tempat pengungsian.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Akhmad Djohara mengatakan tiga daerah yang masih terdampak banjir yakni Kecamatan Baleendah dengan total pengungsi 658 jiwa dan 2.255 rumah terendam.

Kecamatan Dayeuhkolot total pengungsi 929 orang dengan 1.910 rumah terdampak banjir. Terakhir, Kecamatan Bojongsoang dengan total 371 pengungsi dari 320 rumah yang terdampak banjir.

“Melihat banjir yang terus berlangsung di tiga kecamatan itu, BPBD hingga saat ini terus melakukan asessment berkala ke lokasi titik banjir,” ujar Akhmad dihubungi melalui telepon seluler, Jumat (9/3).

Akhmad mengatakan total rumah yang terendam di tiga kecamatan tersebut berjumlah 6.361 rumah. Selain itu, tujuh gedung sekolah, delapan gedung fasilitas umum, dan 36 gedung tempat ibadah pun terdampak banjir.

Menurutnya, hujan yang mengguyur wilayah Bandung pada Kamis (8/3) sore hingga malam, membuat ketinggian air kembali meningkat.

“Rata-rata ketinggian air mencapai 80 sampai 200 centimeter,” kata dia.

Beberapa ruas jalan pun kembali terputus setelah beberapa hari sebelumnya sempat surut, seperti akses Andir-Katapang yang mencapai ketinggian hingga 120 centimeter.

BPBD terus berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Bandung untuk memberikan logistik ke wilayah yang terkena dampak bencana.

Kata dia, bencana banjir di cekungan Bandung selatan itu akibat curah hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir ini. Hal itu menyebabkan aliran Sungai Citarum, Sungai Cisangkuy, dan Sungai Cikapundung meluap ke permukiman.

Sumber: Antara

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge