0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Mahasiswa Unisri Jadi Peneliti Terbaik Teras Jateng 2018

Mahasiswa Fisip Unisri menjadi peneliti terbaik pada acara Temu Regional Administrator Jawa Tengah (Teras Jateng) 2018 (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi (Fisip Unisri) Surakarta, Program Studi  Ilmu Administrasi Negara menjadi peneliti terbaik pada acara Temu Regional Administrator Jawa Tengah (Teras Jateng) 2018, di Universitas Tidar (Untidar) Magelang 24 – 27 Februari 2018.

“Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan forum ilmiah antar mahasiswa Ilmu Administrasi Negara/ Publik se-Jawa Tengah tahun 2018,” jelas Dosen Prodi Ilmu Administrasi Negara Unisri, Johan Bhimo Sukoco kepada wartawan, di Kampus Unisri, Solo, Rabu (28/2).

Kali ini, kata Johan, Unisri mengirimkan empat Mahasiswa dari Program studi Ilmu Administrasi Negara, diantaranya; Febriyitno, Novia Khoirunnisaa, Fauzi Sri Perdana Putra, dan Bintari Wahyuningtyas.

Johan mengatakan, kegiatan Teras Jateng 2018 ini merupakan kelanjutan dari Keputusan Bersama Teras Jateng 2017 di Universitas Sebelas Maret. Dengan mengambil tema “Kebijakan Ketenagakerjaan untuk Meningkatkan Daya Saing di Jawa Tengah Menuju Indonesia Emas 2045”. Adapun sub tema dibagi ke dalam 3 cluster, yaitu Sosial Budaya (Cluster 1), Ekonomi Politik (Cluster 2), dan Kelembagaan (Cluster 3).

Sementara Tim Mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara Unisri, menurut Johan, berada dalam Cluster 2, yaitu Ekonomi Politik, dengan mengambil sub pengembangan ekonomi wirausaha. Judul penelitian yang dibawakan yakni Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Surakarta.

Menurut  Johan, penelitian ini berangkat dari permasalahan belum optimalnya pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Surakarta, dimana dari sebanyak 43.804 UMKM di Kota Surakarta yang ada, hanya 2.978 usaha saja yang sudah menjadi UMKM Binaan. Kuantitas ini menunjukkan terdapat sekitar 93 % UMKM yang belum tersentuh pendampingan oleh pemerintah.

Penelitian ini mendapatkan apresiasi dalam forum dan mendapatkan anugerah Penelitian Terbaik dalam Teras Jateng 2018. Tim Penelitian Prodi Ilmu Administrasi Negara Unisri menggungguli tim-tim dari universitas lain seperti Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang, dan Universitas Tidar (Untidar) Magelang.

“Prestasi ini menggenapi raihan tim Unisri di tahun sebelumnya, yaitu Best Video Penelitian dalam Teras Jateng 2017. Untuk tahun berikutnya, direncanakan Unisri Surakarta menjadi tuan rumah penyelenggara Teras Jateng 2019,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge