0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Teh Biru, Alternatif Teh Hijau Untuk Kesehatan

Teh biru. (melbournefacials.com.au.)

Timlo.net — Kita sudah sering membaca tentang teh hijau selama 10 tahun terakhir ini. Kita mungkin sudah hapal nilai nutrisi teh ini. Teh itu kaya antioksidan, bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dan menjaga kesehatan secara umum. Selain itu, teh hijau juga bermanfaat untuk menguruskan badan.

Tapi, beberapa orang tidak menyukai rasa teh hijau. Untuk mereka yang tidak suka rasa atau warna teh ini, ada alternatif lain. Teh alternatif ini memiliki sedikit rasa dan banyak manfaat. Teh itu disebut teh biru, terbuat dari bunga kacang biru (Clitoria ternatea). Nama lain dari bunga itu adalah Asian pigeonwings atau bluebellvine. Di Indonesia, bunga itu dikenal dengan nama bunga telang. Berasal dari Asia, bunga itu tumbuh di negara-negara beriklim hangat.

Apa saja manfaat teh biru ini? Times of India menuliskan beberapa manfaatnya:

Detoksifikasi

Teh ini seperti teh hijau, memiliki antioksidan dan anti peradangan. Teh ini juga bersifat diuretik, melancarkan proses buang air kecil. Di dalam teh ini terkandung cyclotides, peptida yang dikenal memiliki properti anti HIV dan anti tumor.

Pencernaan

Teh biru menolong hati menghasilkan lebih banyak empedu. Bila digabung dengan kandungan antioksidan di dalamnya, teh biru bermanfaat menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu teh ini juga menolong mengatasi rasa mual.

Kecantikan

Ada kandungan anti-glycation di dalam teh ini sehingga bermanfaat untuk mencegah penuaan. Sementara flavonoid di dalam teh biru meningkatkan produksi kolagen untuk elastisitas kulit. Teh biru juga digunakan untuk merawat kebotakan pada pria karena kandungan anthocynanin. Senyawa itu berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dan menjaga serta memperkuat akar rambut.

Otak

Menurut penelitian, teh bunga kacang biru dikatakan meningkatkan fungsi otak. Sayangnya beragam penelitian yang ada baru menguji manfaat teh itu pada tikus. Tapi otak tikus dikatakan sangat mirip dengan otak manusia. Jadi ada kemungkinan jika manfaat serupa juga dirasakan manusia.

Teh biru meningkatkan produksi acetylcholine, neurotransmitter pada otak. Zat kimia itu bermanfaat untuk fungsi otak. Oleh karena itu teh ini bisa meningkatkan kapasitas memori. Selain itu, teh biru juga mengurangi demam, anti kegelisahan dan anti depresi.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge