0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Berantas Kemiskinan, Wilayah di India Tawarkan Operasi Payudara Gratis

Implan payudara. (surgicalproductsmag.com.)

Timlo.net—Negara bagian Tamil Nadu di India Selatan adalah negara bagian yang lemah secara ekonomi. Uniknya mereka menawarkan operasi pembesaran payudara gratis kepada ribuan pria dan wanita.

Program aneh ini digagas oleh Stanley Medical College and Hospital di Chennai. Mereka percaya jika operasi itu bisa memberantas kemiskinan. Yang menjadi target adalah warga yang miskin. Para petugas kesehatan percaya jika orang-orang yang tidak mampu juga berhak terlihat cantik.

Menurut Indian Express, rencana perluasan program ini sedang dijalankan.  Langkah ini tidaklah mengejutkan para warga di negara bagian itu. Negara itu sebelumnya menghujani masyarakat dengan laptop, sepeda dan bahkan kambing. Bahkan menteri kesehatan C. Vijaya Baskar pernah berkata kepada Times of India, “Kenapa perawatan kecantikan tidak tersedia untuk warga miskin? Jika kita tidak menawarkannya mereka bisa jadi menggunakan metode berbahaya atau mengambil pinjaman tinggi untuk itu.”

Beberapa pihak mengkritik program ini. Mereka beranggapan jika pemerintah seharusnya memakai uang mereka untuk merawat kondisi kesehatan yang lebih serius. Mantan kepala kesehatan masyarakat Dr. S. Elango berkata, “Skema ini terdengar populis, tapi tidaklah ideal untuk program kesehatan masyarakat. Dana negara diperlukan untuk penyakit menular dan tidak menular yang mewabah. Ini menyedihkan jika sekarang kita fokus pada kecantikan dibandingkan operasi untuk menyelamatkan nyawa.”

Sementara itu, beberapa warganet di Twitter mengkritik ide ini.

“Mereka harusnya menawarkan layanan kesehatan gratis, bukan siyapa ini! TN turun ke posisi yang lebih rendah,” kritik seorang pengguna.

“Jika mereka ingin meningkatkan kepercayaan diri wanita, mereka bisa menyediakan pelatihan pengembangan karakter, menolong mereka menemukan pekerjaan, memberikan pendidikan gratis dan lain-lain. Hal ini benar-benar omong kosong,” komentar pengguna lainnya.

“Gimik pemilihan umum, get big, look big lalu coblos. Omong kosong,” ujar seorang pengguna.

Tamil Nadu memiliki sistem pelayanan kesehatan yang baik. Mereka masuk ke dalam jajaran utama di India karena pelayanan kesehatan mereka. Selain operasi pembesaran payudara, Stanley Hospital menawarkan operasi bibir sumbing dan transplantasi tangan secara gratis.

Dr. V Ramadevi, kepala operasi plastik di Stanley Hospital berkata kepada BBC jika semua pasien akan diperiksa dulu oleh dokter sebelum menjalani operasi plastik. “Kami mendorong mereka membicarakan masalah mereka. Kami menjelaskan kepada mereka secara detil tentang perubahan-perubahan pada payudara mereka setelah operasi,” ujarnya.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge