0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Warga: Stop Eksploitasi Kebun Teh Kemuning

Warga menggelar aksi damai di Kantor Kecamatan Ngargoyoso (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Merasa lingkungannya dirusak, puluhan warga Ngargoyoso, Karanganyar berunjuk rasa di depan kantor kecamatan setempat, Selasa (27/2). Mereka mendesak pemerintah dan investor menghentikan eksploitasi lahan kebun teh berdalih pengembangan obyek wisata.

Segera hentikan segala bentuk eksploitasi yang ada kebun teh kemuning. Sejauh yang kami tahu dan berizin itu pembangunan jembatan kaca, emplasemen area wisata dan take off landing paralayang. Tapi dalam perjalanannya, kok kebun teh langsung dibongkar dihancurkan. Walaupun gimana, seharusnya investor ada pemberitahuan ke warga,” kata koordinator aksi dari Forum Peduli Kemuning, Eko Wuryanto kepada wartawan. 

Awalnya warga tak menyoalkan hal itu. Namun setelah melihat penghancuran sebagian ladang kebun teh, mereka mulai waswas. Apalagi, hasil pekerkaan tak maksimal. Bekas lahan bahkan mangkrak, sampai memicu longsor. 

“Kalau pekerjaannya satu persatu diselesaikan, mungkin tidak akan seperti ini. Tapi di mana-mana digarap namun enggak fokus,” katanya. 

Para pengunjuk rasa khawatir dampak negatif perusakan linhkungan meluas ke desa-desa di bawah lereng Lawu. Sejauh ini, efek kurang bagus dirasakan warga di Desa Ngargoyoso dan Desa Kemuning. Dalam aksinya, mereka berjalan kaki dari kebun teh ke kantor kecamatan. Selama berorasi, pengunjuk rasa membentangkan spanduk penolakan eksploitasi Kemuning. 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge