0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Evaluasi Solo Great Sale dari Sejumlah Hotel

Pameran UKM Solo Great Sale (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Program Solo Great Sale (SGS) 2018 yang digelar Pemerintah kota (Pemkot) Solo selama periode Februari dianggap tidak terlalu memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap okupansi hotel. Hanya saja, melalui program itu dapat memberikan benefit tambahan kepada para tamu yang menginap.

“Selama Februari ini tingkat okupansi kita cukup baik. Alasannya bukan karena program SGS, tapi karena banyaknya grup yang masuk serta momen long weekend,” ujar Public Relation Manager Syariah Hotel Solo, Paramita Sari Indah W kepada Timlo.net, Selasa (27/2).

Kendati dianggap tidak terlalu memberikan kontribusi yang signifikan, namun menurutnya ada beberapa tamu walkin yang datang dan memanfaatkan program ini. Sedangkan untuk tamu mayoritas yang berasal dari online travel agent (OTA) dan group banyak tidak memanfaatkan karena dianggap minimnya sosialisasi yang dilakukan.

“Sekarang ini tamu kebanyakan reservasinya melalui online. Jadi harapan kita, kedepan panitia SGS bisa lebih banyak melakukan promosi onlinenya,” jelas dia.

Ditambahkan dia, potongan pajak diharapkan bukan hanya diberikan untuk hotel yang ada di Solo saja. Melainkan juga di eks karisidenan Surakarta yang terlibat dalam program SGS.

Hal itu perlu dilakukan agar hotel yang ada di luar Solo bisa mendapatkan benefit yang sama dari keikutsertaannya dalam program tersebut.

Sementara itu kondisi yang sama juga dikatakan pelaku bisnis hotel lainnya. Public Relation Novotel dan Ibis Solo, Tiwik Widowati menyampaikan, selama periode Februari ini tingkat okupansinya cukup tinggi. namun jika dibanding bulan sebelumnya selisihnya dianggap tidak terlalu banyak.

“Selama Februari ini tingkat oupansi Novotel di angka 70 persen dan Ibis 67 persen. Tingkat okupansi itu naik sekitar 1 persen jika dibanding bulan sebelumnya,” terang dia.

Dengan selisih kenaikan yang hanya 1 persen itu, membuktikan bahwa kontribusi dari Program SGS selama ini tidak terlalu besar. Diakui, melalui program itu para tamu yang menginap bisa mendapatkan tambahan benefit. Karena mereka bisa berkesempatan untuk mendapatkan hadiah yang ditawarkan.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge