0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Polisi Indikasikan Ada Upaya Black Campaign di Media Sosial

Timlo.net – Polisi menemukan indikasi kampanye gelap menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018. Hingga kini polisi masih memantau sejumlah akun di media sosial yang terindikasi melakukan black campaign.

“Pemantauan telah dilakukan sejak bulan lalu,” kata Kepala Unit V Sub Direktorat Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Polisi James Hutajulu di Jakarta, Selasa (27/2).

James mengatakan Polri membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Nusantara pada setiap polda kemudian Satgas Nusantara Polda Metro Jaya memiliki Sub Satgas Penegakkan Hukum yang dibagi dua sub yakni Sub Satgas Money Politic dan Satgas Cyber.

James menuturkan Sub Satgas Gakum berpatroli secara rutin guna mengawasi akun media sosial maupun media online.

James mengungkapkan petugas mengawasi akun media sosial dan media online yang menyampaikan ujaran kebencian, kampanye gelap dan pencemaran nama baik terkait pilkada di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Seperti wilayah Polres Metro Bekasi Kota, Polres Metro Bekasi Kabupaten dan Polres Kota Depok pada pelaksanaan Pilkada Jawa Barat.

James menyatakan petugas Sub Gakum Satgas Nusantara Polda Metro Jaya belum mengambil tindakan hukum terhadap akun media sosial dan media online yang menyampaikan kampanye gelap.

“Petugas masih terus memantau perkembangan dari akun-akun tersebut,” ujar James.

James memperkirakan akun media sosial dan media online yang menyampaikan kampanye gelap akan semakin banyak menjelang pelaksanaan tahapan kampanye.

James mengimbau masyarakat tidak memanfaatkan media sosial dan media online untuk kepentingan kampanye gelap karena petugas akan mengambil langkah hukum.

Sumber: Antara

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge