0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Penelitian Ungkap Orang Pelupa Punya Kecerdasan yang Tinggi

Pelupa. (indy100.com)

Timlo.net—Apakah Anda sering lupa di mana menaruh barang-barang berharga? Anda mungkin merasa rendah diri karena sifat pelupa ini. Tapi ada berita baik untuk Anda. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neuro jika sifat pelupa sebenarnya adalah bentuk kecerdasan. Sifat ini menunjukkan jika otak Anda hanya fokus pada hal-hal penting.

Paul Frankland dan Blake Richards dari the University of Toronto, Kanada melakukan penelitian ini. Mereka menemukan orang yang mencoba mengingat segalanya seringkali kesulitan membuat keputusan penting, tulis Indy100.com.

Blake berkata, “Penting bagi otak untuk melupakan detil yang tidak relevan dan fokus pada hal yang menolong membuat keputusan dalam dunia nyata. Kita semua mengagumi orang yang bisa memecahkan Trivial Pursuit atau menang dalam Jeopardy, tapi faktanya adalah evolusi membentuk memori kita tidak untuk memenangkan game trivia, tapi membuat keputusan cerdas.”

Cara lain untuk mengartikan penelitian ini adalah istilah “competing data”. Secara harfiah, berbagai informasi di dalam kepala akan bersaing supaya bisa diingat otak Anda. Hal ini membuat Anda kehilangan fokus.

Lebih lanjut, dengan adanya internet, semua informasi bisa tersedia dengan mudah. Tidak ada gunanya bagi otak untuk mengingat informasi yang tidak penting. Kecuali jika Anda ingin membuat orang lain terkesan.

Blake menambahkan, “Daripada menyimpan informasi yang tidak penting yang bisa disimpan ponsel kita, otak kita membebaskan tempat penyimpanan supaya memori hanya mengingat hal yang penting untuk kita.”

Para peneliti menyelidiki data terkait kehilangan ingatan dan aktivitas otak pada manusia dan hewan. Mereka menemukan jika pikiran bisa menimpa memori lama dengan yang baru. Dengan demikian pikiran bisa beradaptasi dengan situasi baru dengan cepat. Selain itu, pikiran bisa terhindar dari jebakan memori lama yang bisa menyesatkan.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge