0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Krisis Tenaga Kesehatan, 10 Puskesmas Dijadikan BLUD

Kepala DKK Wonogiri Adhi Dharma (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri berencana menjadikan 10 Puskesmas sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Hal ini untuk menjawab akan pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan yang selama ini mengalami krisis.

“Dengan dijadikannya BLUD, maka Puskesmas itu sendiri dapat merekrut kebutuhan tenaga kesehatan secara mandiri,” papar Kepala DKK Wonogiri Adhi Dharma kepada awak media, Selasa (27/2).

Adhi Dharma menyatakan, di Wonogiri terdapat 34 Puskesmas yang tersebar di 25 kecamatan. Lima di antarnya Puskesmas rawat inap, yakni Puskesmas Baturetno I, Puskesmas Jatisrono I, Puskesmas Purwantoro I, Puskesmas Wuryantoto, dan Puskesmas Pracimantoro I.

“Tahun ini kita berupaya menjadikan lima hingga 10 Puskesmas yang terakreditasi madya dan tidak sedang direhab sebagai BLUD. Maka kita mulai persiapkan segala sesuatunya. Dengan begitu Puskesmas bersangkutan akan memiliki wewenang merekrut tenaga kesehatan non-PNS secara mandiri. Puskesmas itu seperti Puskesmas Tirtomoyo I, Puskesmas Baturetno, Puskesmas Nguntoronadi I, Puskesmas Puhpelem, Puskesmas Bulukerto, dan Puskesmas Jatisrono,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Wonogiri Sriyono, mengatakan DKK  harus segera memetakan kebutuhan tenaga kesehatan. Dengan harapan, jumlah tenaga kesehatan yang terbatas itu dapat didistribusikan ke Puskesmas sesuai kebutuhan dan cakupan wilayah.

“Saya harap DKK juga meminta pemerintah pusat untuk menambah tenaga medis,” kata dia.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge