0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ada Uji Kompetensi, Penjaringan Perangkat Desa di Sragen

(timlo.net/agung widodo)

Sragen – Pemkab Sragen menyosialisasikan Peraturan bupati (Perbup) No 10 Tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Sragen No 8 tahun 2017 tentang Perangkat Desa. Salah satu poin penting dalam Perbup tersebut adalah penjaringan pengisian perangkat desa yang bakal dilakukan dengan melalui uji kompetensi.

”Kenapa ada uji kopetensi supaya kita bisa menilai kualitasnya, materi termasuk IT, pengetahuan dasar, pemerintahan dan sebagainya,” kata Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Senin (26/2).

Saat ditemui usai Sosializsasi Perbup No 10 tahun 2018 di Aula Sukowati Seta Sragen, Yuni menyampaikan, masih banyak perangkat yang gagap teknologi. Pihaknya banyak menerima masukan untuk peningkatan kualitas perangkat desa. Dengan demikian untuk memasukkan sesuai harapan masyarakat memang harus melalui uji kompetensi.

Untuk penjaringan dan uji kompetensi perangkat desa tersebut, pihaknya bakal menggandeng pihak ketiga. Namun sebelumnya terlebih dahulu akan dilakukan penataan terlebih dahulu di masing-masing desa.

Seperti penarikan sekretaris desa (Sekdes) atau carik yang berstatus sebagai ASN bakal ditarik pada 1 Maret mendatang. Para Sekdes itu selanjutnya didistribusikan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membutuhkan tambahan personel. Baru setelah ada kekosongan perangkat desa dilakukan penjaringan dari masyarakat.

Sementara Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Sragen, Suharyanto menyampaikan, tidak menutup kemungkinan akan ada banyak kekosongan perangkat desa. Masing-masing desa diharapkan segera menyusun Perdes SOTK dan melakukan pengisian perangkat antar jabatan lebih dahulu sebelum penjaringan.

”Desa segera melakukan pengisian serentak dengan mengisi antar jabatan dulu, kalau tidak ada yang mengisi, baru dari penjaringan dan penyaringan,” terang Suharyanto.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge