0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Asongan Masuk Klewer, Pemkot Diminta Tegas

Suasana pasar klewer (timlo.net/heru gembul)

Solo — Pedagang pasar Klewer mengeluhkan banyaknya pedagang asongan dan PKL yang beroperasi di dalam pasar. Keberadaan pedagang asongan ini dirasa mengganggu ketertiban dan kebersihan pasar.

“Banyak pedagang asongan yang masuk da menjajakan daganganya dalam pasar,” papar Humas Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK), Kusbandi, Senin (26/2).

Kusbani meminta Pemkot bertindak tegas terhadap pedagang asongan dan PKL yang berjualan di luar maupun yang beroperasi menjajakan barang dagangan di dalam Pasar Klewer.

“Pemkot harus mulai menindak tegas pelanggar aturan untuk menciptakan lingkungan jual-beli yang aman dan tertib. Dengan demikian pedagang liar yang menjajakan langsung ke lapak pedagang harus ditindak tegas,” kata dia.

Kusbani mengatakan, selain komitmen dari Pemkot dalam menciptakan suasana perdagangan yang nyaman, dirinya juga meminta pedagang untuk turut menjaga kondusifitas pasar.

“Kita sama-sama menjaga. Mumpung belum menjamur, harus ditangani lebih dulu,” katanya.

Kusbani juga mengusulkan pengadaan seragam bagi penjual kuliner yang ada di Klewer. Seragam ini dibuat untuk mengetahui pedagang resmi dan pedagang liar.

“Seragam adalah solusi yang baik untuk mengetahui pedagang Pasar Klewer dengan pedagang asongan. Ketika Pemkot ingin menindak pedagang yang liar mereka lebih mudah terlihat,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan setempat, Subagyo mengaku telah melimpahkan permasalahan ini kepada pihak pengamanan internal pasar. Tetapi jika memang tidak bisa diatasi, pihaknya akan menggadeng Satpol PP untuk bisa melaksanakan penegakan Perda.

“Sudah kita limpahkan kewenangan kepada internal pengamanan pasar. Jika ada yang ketahuan beroperasi bisa langsung diamankan,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge