0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dana Umat Disalurkan ke Bantuan Lansia

Karanganyar — Lantaran banyaknya sasaran namun minimnya alokasi APBD yang tak sebanding, maka Pemkab menggandeng pembiayaan sumber dana umat yang dikelola Baznas untuk membantu lansia sebatang kara. Wakil Ketua Baznas Karanganyar, Abdul Muid mengatakan penyaluran bantuan ke manula berupa beras, peralatan mandi dan lauk pauk senilai Rp 200 Ribu per penerima.

“Tiap bulan, Baznas menyalurkan 900 paket sembako ke manula itu. Dinamakan zakat natura, dengan sasaran manula miskin tanpa penghasilan dan kurang terawat. Bisa janda bisa pula duda. Bantuan ini akan diterima mereka per bulan sampai akhir hayat. Diperkirakan, jumlah manula kategori itu 5.000 orang lebih,” katanya kepada Timlo.net di Rumah Dinas Bupati, Senin (26/2).

Sistem pemberiannya dari Baznas ke penerima tanpa potongan dan disalurkan oleh petugas khusus. Hal itu bertujuan menghindari penyelewengan di lapangan.

“Bantuan dari Baznas tidak seperti APBD. Jika ada perubahan data, bisa diperbaiki sewaktu-waktu dan langsung disalurkan asalkan dana Baznas cukup. Ini sudah berlangsung 1,5 tahun,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge