0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tak Maksimal, Bantuan Manula Harus Berbagi ke Yatim Piatu

Karanganyar — Dinas Sosial Kabupaten Karanganyar mendapat jatah Rp 1,5 miliar untuk menyelenggarakan kegiatan tali asih warga kategori manula dan anak yatim. Sayangnya, penyalurannya kurang maksimal akibat masih banyak yang belum terkaver anggaran APBD itu.

“Memang tidak bisa mengkaver semuanya,” kata Kepala Dinas Sosial Karanganyar, Agus Heri Bindarto kepada Timlo.net, Senin (26/2).

Dari anggaran itu dialokasi ke pemberian santunan anak yatim jelang Lebaran Rp 300 Ribu per orang. Sedangkan buat lansia atau manula dialokasi dari berbagai sumber yang juga terbatas. Kementerian Sosial memiliki program Asistensi Sosial Lanjut Usia Terlantar (Aslut). Setiap lansia menerima Rp 300 Ribu per bulan. Tetapi hanya puluhan orang di Karanganyar yang menerima program itu.

“Ada 50 orang di Matesih dan Karangpandan. Itu sudah lama sejak 2011. Bantuan diberikan seumur hidup si penerima bantuan. Saya tidak tahu bagaimana proses pemilihan calon penerima. Itu langsung dari Kementerian. Datanya berbeda dengan yang dimiliki Pemkab. Kami usulkan tambahan kuota tetapi Karanganyar hanya menerima segitu,” jelas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge