0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Puluhan Puskesmas di Wonogiri Kekurangan Tenaga Medis

Wonogiri – Puluhan puskesmas di Wonogiri kekurangan tenaga medis. Bahkan, kepala puskesmas di sejumlah wilayah terpaksa merangkap menangani pasien.

“Baik perawat dan dokter kekurangan kita (tenaga kesehatan Puskesmas) sekitar 866 orang. Ya, karena regulasi kita tidak bisa berbuat banyak dimana dapat merekrut langsung tenaga kesehatan,” ungkap Kepala DKK Wonogiri, Adhi Dharma, Senin (26/2).

Dia menuturkan, terdapat 34 puskesmas di 25 kecamatan yang mengalami kekurangan tenaga medis. Total tenaga kesehatan Puskesmas yang dimiliki baik PNS dan Non PNS sebanyak 1.124 orang. Sementara kebutuhan mencapai 1.990 orang.

Kekurangan tenaga medis meliputi dokter umum, dokter gigi, apoteker, ahli gizi, perawat dan perekam medik.

Dia mencontohkan, kebutuhan apoteker mencapai 34 orang, tetapi baru ada dua orang sehingga kekurangan 32 orang. Dokter yang dibutuhkan 90 orang saat ini baru ada 39 orang, jadi masih kurang 61 orang. Dokter gigi yang kini dimiliki 32 orang. Idealnya di Wonogiri perlu ada 61 orang, sehingga masih kurang 29 orang.

“Tak sedikit puskesmas yang hanya memiliki satu atau dua dokter, bahkan kepala puskesmas yang merangkap menjadi dokter. Ada puskesmas rawat inap yang hanya memiliki dua dokter. Padahal idealnya, puskesmas rawat inap setidaknya memiliki empat dokter,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge