0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Deklarasi Solo Kota Nyaman Bersepeda, Ini Kegiatannya

Deklarasi Solo Kota Nyaman Bersepeda (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Suasana vintage menyeruak di tengah gelaran Car Free Day (CFD) di Jalan Slamet Riyadi, Minggu (25/2). Puluhan orang bersepda jengki dan kebo berarak menghadiri acara Deklarasi Solo Kota Nyaman Bersepeda di simpang Ngarsapura. Kesan vintage semakin terasa berkat beskap dipadu celana panjang komplit. Helm yang dipakai pun helm model fedora yang ngetrend di era 60-an. Mereka tampak asyik mengikuti berbagai aktivitas yang digelar dalam acara tersebut.

“Sepeda onthel dapat mengembalikan memori masyarakat untuk mengingatkan masa lalu peradaban transportasi Kota Solo,” kata Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo pada sambutannya.

Salah satu lomba berhasil mengundang perhatian pengunjung CFD. Para onthelis meniti balok kayu sepanjang tiga meter. Untuk berhasil menyelesaikan tantangan ini tentunya dibutuhkan keterampilan dan keseimbangan tingkat tinggi. Para penonton pun turut bersorak menyemangati para peserta.

“Kegiatan ini ditujukan untuk mengkampanyekan sepeda di tengah masyarakat,” tambah Purnomo.

Ia berharap Deklarasi Solo sebagai Kota Nyaman Bersepeda dapat disambut baik masyarakat. Pasalnya, saat ini Solo dihadapkan dengan masalah kemacetan lalu lintas yang berdampak pada kualitas udara.

“Kita semua harus menjaga agar udara di Kota Solo tetap bersih dan tidak tercemar oleh polusi udara. Selain itu, penggunaan sepeda akan mengurangi kemacetan lalu lintas di kota Solo,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge