0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Razia di Prambanan, Puluhan Pelanggar Lalu Lintas Ditilang

Razia kendaraan di depan Taman Wisata Candi Prambanan (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Klaten menindak puluhan kendaraan roda dua di depan kawasan Taman Wisata Candi Prambanan, Sabtu (24/2). Pasalnya, destinasi wisata di perbatasan Jawa Tengah- DIY itu merupakan kawasan tertib lalu lintas.

“Ini giat rutin kepolisian bagi pengguna kendaraan yang melintas di Jalan Yogya-Solo, tepatnya depan Pos Polisi Prambanan. Tujuannya supaya mereka tertib. Karena saat akhir pekan kawasan ini tergolong ramai,” ujar Kepala Urusan pembinaan Operasi (KBO) Satlantas Polres Klaten, Iptu Sarwako, Sabtu (24/2).

Dari pantauan, razia yang digelar sekitar 45 menit tersebut, setiap kendaraan yang melintas dari arah Jogja menuju Klaten diberhentikan satu per satu untuk diperiksa kelengkapan surat, hingga kelengkapan asesoris kendaraan. Mereka yang kedapatan melanggar lantas mengurusi administrasi di Pos Polisi Prambanan.

Iptu Sarwoko mewakili Kapolres Klaten AKBP Juli Agung Pramono menegaskan, tidak ada toleransi apapun ketika terjadi pelanggaran oleh pengguna jalan. Semisal berboncengan namun yang dibelakang tidak menggunakan helm standar dan kendaraan tidak sesuai standar keselamatan.

“Saat ini masih direkapitulasi. Namun ada sekitar 30 orang yang melanggar. Kebanyakan tidak memiliki atau membawa surat- surat kendaraan, boncengan tidak menggunakan helm, dan kelengkapan keselamatan kendaraan,” tegasnya.

Pihaknya mengimbau pengguna jalan jika hendak bepergian untuk memperhatikan kelengkapan keselamatan kendaraan seperti kaca spion, lampu utama, hingga tekanan angin pada ban.

“Mengingat ini jalur padat, silakan kalau mau berpergian perhatikan kelengkapan kendaraan demi keselamatan diri sendiri. Sebab awal mula kecelakaan lalu lintas itu lantaran tidak tertibnya pengguna kendaraan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge