0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Bupati Keluarkan SK, PT Rum Tak Boleh Beroperasi 18 Bulan

Sekda Sukoharjo, Agus Santosa membawa SK Bupati Sukoharjo untuk diserahkan ke warga (foto: Putra Kurniawan)

Sukoharjo – Bupati Sukoharjo akhirnya mengeluarkan surat keputusan terkait keluhan warga terdampak limbah bau PT Rayon Utama Makmur (RUM). Surat diantarkan Sekda Sukoharjo dan dibacakan di tengah massa yang tengah melakukan aksi blokade di depan pintu masuk PT RUM.

“Surat Keputusan ini menjadi pegangan kita, namun kita harus tetap menjaga jangan sampai ada logistik masuk ke dalam pabrik. Ada enam poin yang menjadi sikap bupati yang dikeluarkan hari ini dan berlaku mulai besok agar pihak PT RUM dan Presiden Direkturnya mentaatinya,” kata salah satu kordinator dan perwakilan warga, Bambang Wahyudi, Jumat (23/2).

Di dalam SK yang dibawa oleh Sekda Sukoahrjo, Agus Santosa langsung menemui warga yang masih bertahan di depan pintu masuk PT RUM tersebut, diantaranya menutup pabrik selama 18 bulan hingga dilakukan perbaikan. Kalau tidak bisa memperbaiki akan dicabut ijin lingkungan pendirian pabrik serat rayon tersebut.

Sedangkan poin lainnya, PT RUM harus memasang pipa yang belum selesai dilakukan hingga ke Sungai Bengawan Solo, memasang alat penghilang bau dan akan menutup permanen pabrik jika selama 18 bulan tenggang waktu yang diberikan tidak bisa memperbaiki limbah bau yang menghantui warga selama lima bulan ini.

“Di dalam SK Bupati tersebut memutuskan memberikan sanksi administratif dalam rangka perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup untuk menghentikan sementara kegiatan produksi pabrik. Dengan adanya SK ini sudah masuk tehap ke tiga sebelum tahap keempat untuk mencabut ijin lingkungan PT RUM,” tandasnya.

Di dalam aksi blokade pintu masuk PT RUM tersebut, massa yang terpancing emosi melakukan perusakan dan pembakaran Pos Satpam dan merusak pintu kantor. Kondisi ini direspon aparat gabungan TNI Polri untuk terus menambah jumlah personil. Hingga kahirnya muncul SK Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya yang dibawa Sekda Sukoharjo Agus Santosa.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge