0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

12 Kades Dipanggil Kejari Sragen, Ada Apa?

Pemeriksaan Kepala Desa di Kecamatan Sidoharjo oleh Kejari Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Sebanyak 12 kepala desa (Kades) di Kecamatan Sidoharjo dipanggil Kejaksaan Negeri (Kejari) Sragen. Merereka dimintai konfirmasi terkait pengadaan komputer atau sistem informasi desa (SID) senilai Rp 20 juta per unit.

“Mereka kami minta mengisi kuisioner berisi 16 pertanyaan. Seputar proyek dan pengadaan komputer SID. Termasuk speknya dan bagaimana teknis pengadaannya,” kata Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Sragen,  Adi Nugraha, Kamis (22/2).

Adi menyampaikan, pemanggilan dan permintaan keterangan itu baru dalam rangka pengumpulan data dan bahan keterangan (Pulbaket). Mereka dimintai keterangan terkait data dan dokumen seputar pengadaan komputer SID tahun 2017 yang terindikasi bermasalah.

Namun pihaknya belum bisa menyinpulkan dan masih pendalaman data lebih jauh lagi. Keduabelas Kades itu diperiksa oleh tiga jaksa Kejari Sragen yang dipimpin dirinya.

Menurutnya, keterangan mereka membenarkan adanya pengadaan komputer SID dengan dana Rp 20 juta per desa. Perihal indikasi penyimpangan atau monopoli yang beredar sebelumnya, Adi mengaku belum bisa berkomentar.

“Yang jelas semua Kades di Sidoharjo tadi membenarkan ada pengadaan itu (komputer SID). Anggarannya per desa Rp 20 juta,” terang Adi.

Dia menjelaskan, tidak menutup kemungkinan masih banyak Kades dari kecamatan lain yang akan diperiksa tahap berikutnya. Namun perihal Kades mana yang bakal dibidik untuk diperiksa selanjutnya, masih menunggu jadwal dari tim.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge