0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

STP Bakal Produksi Genting Pembangkit Tenaga Listrik

Solo — Solo Techno Park (STP) mengembangkan solar tile alias genting pembangkit listrik tenaga matahari. Bekerjasama dengan perusahaan asal Korea Selatan PT SEUM I&C dan perusahaan lokal PT Arta Surya Indotama (PT ASI), solar tile itu bakal diproduksi massal dalam waktu dekat.

“Jika tidak ada aral melintang, besok Mei kita bisa mulai produksi,” kata Direktur Utama PT ASI, Surya Winata saat ditemui di Balaikota Solo, Kamis (22/2).

Menurutnya, saat ini STP sudah memiliki beberapa purwarupa produk yang akan diproduksi. Salah satu varian yang diproyeksikan bakal menjadi produk unggulan memiliki kapasitas produksi 8 Watt Listrik per keping genting dikombinasikan dengan kapasitor 3.000 Watt.

Harga jual yang ditawarkan pun sangat menarik. Dibanderol dengan harga Rp 78 Ribu per keping dan Rp 120 Ribu per unit kapasitor, PT SEUM I&C dan PT ASI tentu mengalahkan produk serupa yang diimpor dari luar negeri.

“Yang impor bisa mencapai Rp 600 Ribu per keping,” kata dia.

Produk tersebut, tambah Surya, ditargetkan untuk rumah-rumah di permukiman penduduk. Listrik yang dihasilkan solar tile bisa disandingkan dengan listrik dari PLN untuk memenuhi kebutuhan lisrik rumah tangga.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge