0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ratusan Warga PSHT Geruduk DPRD Wonogiri, Ini Sebabnya

Perwakilan massa PSHT saat dengar pendapat dengan anggota DPRD Wonogiri (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Ratusan massa dari perguruan beladiri PSHT menggeruduk Kantor DPRD Wonogiri, Kamis (22/2). Mereka menyuarakan aspirasinya agar pemerintah menertibkan organisasi perguruan silat yang diklaim tidak berijin. Bahkan juga meminta aparat (Polres Wonogiri) saat muncul persoalan tidak lantas diproses secara hukum, namun menggunakan hati nurani.

“Kami berharap pemerintah segera turun tangan dalam masalah perijinan organisasi perguruan silat, ya agar ditertibkan. ‎Kami juga meminta agar di Wonogiri diadakan perlombaan atau kejuaraan pencak silat sehingga bisa menjalin silaturahmi antar perguruan silat,” ungkap tokoh PSHT Kecamatan Ngadirojo, Mulyono disela hearing dengan anggota DPRD Wonogiri.

Mulyono melanjutkan, selama ini, setiap muncul persoalan kecil yang bersinggungan dengan kelompoknya selalu berujung pada meja hijau.

“Dalam penanganan permasalahan-permasalahan kecil, kami mengharapkan Polres agar tidak hanya dengan hukum dengan pasal-pasal KUHP, tapi juga menerapkan hukum etika, yang pasalnya di hati nurani, tenggang rasa dan keadilan, seperti penyelesaian masalah melalui musyawarah dan kekeluargaan,” kata dia.

Tokoh PSHT lain seperti Joko Prihanto meminta agar kalangan legislatif memfasilitasi perguruan silat di Wonogiri bisa maju. Dia mengakui selama ini PSHT sering bentrok dengan perguruan silat lainnya yang masih satu marga (serumpun). Namun hal itu masih dapat dilakukan penyelesaian secara kekeluargaan. Lantaran adanya provokasi, seringkali persoalan itu sampai meja hijau.

“Selama ini sering terjadi riak-riak kecil yang bisa mengganggu kamtibmas. PSHT adalah organisasi yang mempunyai solidaritasnya tinggi, sehingga PSHT kami anggap sumbu pendek, apabila penanganan tidak pas atau terlambat akibatnya bisa fatal‎,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge