0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Boyolali Targetkan 50 Ribu KIA Selesai Tahun Ini

Pelayanan pembuatan KIA di Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Dinas Kependudukan dan Catatam Sipil (Dispendukcapil) Boyolali menargetkan tahun ini bisa menyelesaikan 50 ribu Kartu Identitas Anak (KIA). Sementara hingga saat ini sudah ada 15 ribu pemohon KIA yang sedang dalam proses penyelesaian.

“Dari 15 ribu pemohon KIA,saat ini sudah jadi 7 ribu KIA,” kata Kepala Dispendukcapil Boyolali, Agus Santoso, Kamis (22/2).

Diakui, animo masyarakat untuk memiliki KIA dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sangat tinggi. Sehingga hampir tiap hari terjadi antrian panjang di Kantor Dispendukcapil. Untuk bisa menyelesaikan pemohon KIA, pihaknya menggunakan dua mesin cetak.

“Tiap hari kita mampu mencetak 200 hingga 250 kartu dengan dua mesin,” ujarnya.

Selain mencari KIA sendiri, pihaknya juga melayani permohonan secara kolektif. Kartu KIA sendiri baru bisa jadi sekitar 3 minggu. Membludaknya pemohon KIA, diduga karena hendak digunakan untuk mendaftar masuk ke sekolah.

“Sekarang masuk SD dan Taman Kanak-kanak kan harus pakai KIA, sebagai syarat adimistrasi,” imbuhnya.

Dijelaskan juga, pemohon KIA sebetulnya bisa mengajukan secara online melalui aplikasi dalam telepon pintar. Meksi begitu, pihaknya tetap memberikan keleluasaan bagi pemohon. Persyaratan membuat KIA sendiri, diantaranya fotocopi Kartu Keluarga (KK), akta Kelahiran anak, KTP orangtua, dan disertai foto untuk anak yang berusia di atas lima tahun.

Online dan datang ke kantor tetap kita layani, kan tidak semua orang bisa menggunakan teknologi,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge