0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pemasangan APK Pilgub, KPU Nunggu dari Pusat

Kesepakatan pemasangan titik APK disepakati oleh Paslon dan sejumlah pejabat terkait (dok.timlo.net/ist)

Wonogiri — Sebanyak lima titik pemasangan alat peraga kampanye (APK) pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah telah disepakati. Sementara terkait pengadaan APK sepenuhnya dibiayai Komisi Pemilihan Umum (KPU). Meski begitu, hingga saat ini APK tersebut belum terdistribusikan.

“Sudah disepakati. Yang jelas tidak melanggar Perbub nomor 30 Tahun 2013,” ungkap Ketua KPU Wonogiri Mat Nawir, Kamis (22/2).

Mat Nawir menyampaikan, APK Pilgub 2018 dibiayai KPU Propinsi Jateng, dimana APK terdiri dari tiga jenis, yaitu baliho sebanyak lima buah, umbul-umbul 20 buah dan spanduk sekitar dua lembar.

“Jadi, baliho dipasang di lima titik kecamatan, kemudian umbul-umbul dipasang di setiap kecamatan dan spanduk dibisa dipasang di tiap-tiap desa atau kelurahan,” kat dia.

Lebih lanjut Mat Nawir menyatakan, titik pemasangan baliho telah disepakati lima titik, yakni di Kecamatan Ngadirojo, Nguntoronadi, Giriwoyo, Wuryantoro dan Purwantoro. Kemudian untuk umbul-umbul dan spanduk dapat dipasang di tepi jalan desa/kelurahan, tepi jalan kabupaten yang berwda di wilayah kecamatan, sekitar lapangan desa/ kelurahan dan tepi jalan propinsi yang berada di wilayah kecamatan.

“Nanti apabila Paslon  meras kurang dapat mencetak sendiri (baliho, umbul-umbul dan spanduk). Dengan catatan untuk 150 persen dari jumlah total APK yang dibuat KPU,” jelasnya.

Meski demikian, soal desain APK, Mat Nawir menyatakan, diserahkan kepada masing-masing Paslon. Penyerahan desain paslon dapat dikirim ke KPU Propinsi Jateng setelah lima hari ditentukan pengundian nomor urut Paslon.

“Saat ini APK masih dalam proses pencetakan. Kita sifatnya nunggu dari KPU Provinsi Jateng,” ujarnya.

Disinggung soal pemasangan APK, Mat Nawir menambahkan, pemasangan akan dilakukan bersama-sama. Baik KPU, tim pemenangan Paslon, Panwaslu dan serta Polres Wonogiri.

“Nanti akan kita dampingi setiap kali ada pemasangan di titik yang sudah ditentukan KPU,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge