0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kabar Baik, Tahun Ini Bosda SD dan SMP Naik

Kepala Disdikbud Sragen, Suwardi (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Pemkab Sragen menaikkan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) pada 2018 ini. Meski kenaikan tidak terlalu tinggi, namun bantuan tersebut diharapkan dapat meingkatkan kualitas pendidikan di Sragen.

”SD dan SMP ada kenaikan, untuk TK nilainya per siswa tetap,” kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sragen Kusmanto, Selasa (20/2).

Kusmanto menerangkan, penggunaan Bosda pada tahun lalu sebesar 25 persen untuk alat tulis kantor (ATK) siswa, sedangkan 75 persen untuk membantu kegiatan siswa. Dia menjelaskan total yang diterima sebesar Rp 150.000 untuk setiap siswa negeri.

Sekarang untuk SD mendapat Rp 220.000 per siswa, dengan rincian Rp 150.000 mekanismenya sama seperti tahun lalu, sedangkan Rp 70.000 untuk penambahan biaya bahan ajar.

Sementara Bosda untuk SMP pada 2017 lebih kecil yakni Rp 100.000. Pada tahun ini  naik menjadi Rp 175.000. Bosda SMP lebih kecil lantaran siswa SMP sudah mendapat bantuan lebih besar dari BOS reguler.

Soal BOS reguler akan cair perkiraan dalam dua pekan ke depan. Saat ini dalam proses dan diperkirakan awal Maret sudah cair.

Sebelumnya Kepala Disdikbud Sragen, Suwardi menyampaikan, telah mengajukan semua siswa SD dan SMP yang ada di Sragen. Siswa SD sendiri per anak mendapatkan Rp 800.000 dalam setahun. Sedangkan siswa SMP mendapatkan Rp 1 Juta per tahun.

Suwardi mengatakan, teknisnya diatur dari Direktorat Pendidikan. Hanya saja pada pertengahan tahun nanti akan ada evaluasi. Mengingat ada perubahan siswa baik siswa yang masuk sekolah maupun lulus sekolah.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge