0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

PT RUM Tutup Sementara, Bau Limbah Belum Dipastikan Hilang

Presiden Direktur PT  RUM Pramono menjelaskan kepada Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya  (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo —  PT Rayon Utama Makmur (RUM) di Nguter, Sukoharjo akan menghentikan sementara proses produksi mulai tanggal 24 Februari untuk melakukan perbaikan pengolahan limbah bau yang dikeluhkan masyarakat. Namun demikian, pihak perusahaan yang memproduksi serat rayon tersebut tidak tidak bisa memastikan sampai kapan bau yang timbul dari proses produksi tersebut bisa hilang.

“Kita sudah melakukan estimasi bahan yang sudah ada di dalam mesin habis sampai tanggal 24 Februari besok, dan baru bisa kita lakukan penghentian. Namun kita tidak tahu sampai kapan bau tersebut akan hilang, yang jelas kita telah melakukan upaya dengan berbagai metode secara bertahap untuk mengatasi persoalan tersebut,” kata Presiden Direktur PT  RUM, Pramono, Rabu (21/2).

Secara teknis, PT RUM akan menghentikan proses produksi mulai tanggal 24 Februari sampai dilakukan ujicoba setelah dilakukan perbaikan pengeolaan limbah gas. Dan jika nanti hasilnya belum maksimal, akan dilakukan penghentian proses produksi hingga benar-benar limbah yang dilepas bukan berupa gas yang menimbulkan bau.

Namun demikian, pihak perusahaan tidak bisa melakukan estimasi kapan limbah gas yang menghantui warga di sekitar pabrik serat rayon tersebut bisa hilang 100 persen. Pasalnya, selama ini sudah dilakukan perbaikan, namun bau yang ditimbulkan dari proses produksi tersebut masih saja muncul dan dikeluhkan warga.

“Saya tidak tahu kapan sampai kapan bau itu akan hilang, yang jelas untuk menambah satu mesin pengelolaan limbah itu saja membutuhkan waktu hingga satu tahun lagi baru bisa datang. Arahnya kita tetap sampai ke sana (bau hilang) dan kita juga akan membuka posko kesehatan masyarakat untuk melayani warga yang sakit akibat limbah bau seluruh biaya kita tanggung,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge