0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dishub Sosialisasikan Peraturan Angkutan Barang

Dishub sosialisasi di ruas jl Slamet Riyadi (timlo.net/heru gembul)

Solo — Dinas Perhubungan Kota Solo mulai mensosialisasikan rencana penerbitan Peraturan Walikota (Perwali) tentang peraturan angkutan barang yang melintas di jalur Kota Solo. Perwali nantinya bakal menjabarkan secara detail kendaraan dengan bobot dan jenis – jenis muatan yang diperbolehkan melintasi jalanan kota.

“Kita mensosialisasikan Perwali ini, jadi ketika sudah diterbitkan masyarakat sudah paham syarat-syarat yang perlu dilengkapi untuk melintasi jalan kota,” kata Kasi Angkutan Barang Dishub Kota Solo, Bambang Budhis, Selasa (20/2).

Dikatakan penerbitan Perwali tersebut dilakukan guna menindaklanjuti Peraturan Daerah (Perda) Tahun 2012 tentang angkutan barang yang melintasi jalan kota. Sesuai dengan Perda Tahun 2012, angkutan barang yang mendapat dispensasi melintasi di jalanan kota adalah kendaraan yang membawa sembako, material pembangunan dan barang tidak pecah belah.

“Ada beberapa hal yang diperketat, misalnya pada jumlah Berat Bruto (JBB), jenis muatan kendaraan dan rute perlintasan kendaraan itu sendiri.” kata dia.

Adapun penerbitan Perwali sendiri berdasar pada banyaknya keluhan sejumlah pihak. Kendaraan dengan tonase tinggi dituding sebagai penyebab kerusakan jalan.

Menurut Bambang, semua kendaraan bisa masuk ke jalan Kota. Meski begitu ada syarat khusus yang ditentukan. Selain itu pengendara harus memiliki surat izin dispensasi melintasi jalanan.

Untuk diketahui, peraturan itu masih dalam tahap penyusunan dan sosialisasi kepada masyarakat. Rencananya akhir tahun 2018, peraturan itu bakal diterbitkan. Selanjutnya Dishub juga berencana membuat aplikasi online guna memudahkan masyarakat mengurus ijin angkut barang.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge