0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pelebaran Jalan Kretek Bang, Provinsi Gelontor Dana Puluhan Miliar

Suasana lalu lintas di jalan Wonogiri-Solo atau tepatnya di bawah Kretek Bang (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Pelebaran jalan di bawah kretek Bang (jembatan rel kereta api) di jalan Solo- Wonogiri dipastikan dikerjakan tahun ini. Dinas terkait mengklaim jika proyek itu digelontor dana dari provinsi puluhan juta, bahkan proyek tersebut diklaim sebagai proyek multiyears.

“Untuk mengerjakan pelebaran jalan itu, Pemprov menggelontorkan anggaran sekitar Rp 34 miliar lebih dan saat ini kita dalam tahap sosialisasi,” terang Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Selasa (20/2).

Menurut Bupati, segala perlengkapan sudah disiapkan. Bahkan terkait pembebasan lahan disekitar kretek Bang sudah rampung beberapa waktu lalu. Dengan adanya pembangunan tersebut, Bupati meminta dukungan masyarakat sekaligus permohonan maaf. Pasalnya, lalu lintas akan terganggu dan kemungkinan besar akan dialihkan.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Wonogiri Ismiyanto mengatakan, jalan di bawah Kretek Bang disebut-sebut sebagai pembangunan multiyears, yang akan dikerjakan selama 15 bulan (2018-2019). Sedang untuk pelaksana pembangunan, dari Balai Tehnik Perkeretaapian wilayah Jawa bagian tengah (BPTKA) dengan anggaran APBD Propinsi yang digelontorkan dua tahap, tahap pertama yakni pada 2018 sebesar Rp 25,7 Miliar dan 2019 sebesar Rp 9 Miliar.

“Kalau ajuan kita, untuk lebar jalan 14 meter dengan tinggi 5,5 meter sementara untuk panjangnya menyesuaikan landainya jalan, tapi bisa saja ajuan ini berubah,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge