0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pemkot Bakal Bongkar Joglo Sriwedari

Joglo Sriwedari (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Joglo Sriwedari bakal segera dirobohkan Pemerintah Kota Solo. Pendapa yang menjadi jantung kegiatan seni budaya di Kawasan Sriwedari itu dibongkar karena terdampak penataan kawasan tersebut.

“Sesuai masterplan yang kita susun, Joglo Sriwedari akan kami bongkar,” kata Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (DPU-PR) Solo, Taufan Basuki kepada Timlo.net, Selasa (20/2).

Mengacu kepada masterplan penataan kawasan Sriwedari, lahan yang kini ditempati Joglo Sriwedari bakal dimanfaatkan untuk ruang publik terbuka (open public space). Taufan sendiri belum tahu pasti kapan penataan kawasan akan dimulai.

“Yang jelas dalam waktu dekat. Dana untuk clearing (pembongkaran bangunan) sudah disiapkan di anggaran tahun ini,” kata dia.

Ia menambahkan, Pemkot akan segera mensosialisasikan rencana tersebut kepada masyarakat yang berkepentingan. Terutama komunitas dan organisasi yang rutin menggelar kegiatan di Joglo Sriwedari.

“Saat ini sedang kita rencanakan. Nanti sebelum kita bongkar akan kita sosialisasikan dulu,” lanjutnya.

Penataan kawasan Sriwedari sebenarnya sudah dimulai Pemkot Solo sejak tahun 2016 lalu. Pemkot secara bertahap menghentikan kerja sama sewa menyewa dengan pihak-pihak yang berkegiatan di Sriwedari seperti Taman Hiburan Rakyat (THR), dan gedung Pertemuan Graha Wisata Niaga. Bahkan beberapa bangunan pun sudah dibongkar seperti Wisma Boga dan Solo Theater.

“Pelan-pelan kita tata supaya tidak mangkrak seperti sekarang ini,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge