0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Warga Siapkan Demo Besar-Besaran Tutup PT RUM

Tagih penjelasan PT RUM, warga membludaki jalan menuju PT RUM, baru-baru ini (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Pasca berakhirnya batas waktu perjanjian antara warga dengan PT RUM dalam aksi unjuk rasa di Kantor DPRD Sukoharjo (19/1) akan dilaksanakan aksi lanjutan. Pihak PT Rayon Utama Makmur (RUM) menyerahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Daerah Sukoharjo terkait tuntutan warga mencabut ijin dalam aksi yang direncanakan digelar Kamis (22/2).

“Kalau untuk aksi besok Kamis, kita serahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Kabupaten Sukoharjo, karena penutupan atau pencabutan ijin tidak bisa serta merta dilakukan. Dalam proses pencabutan ijin operasional harus ada proses hukum, karena ijin turun dari kementerian,” kata Direktur Umum PT RUM, Muchammad Rachmad, Selasa (20/2).

Dalam selebaran dan poster yang tersebar di sosial media dan grup-grup Whats Aps (WA)  aksi lanjutan warga terdampak limbah bau dari PT RUM menuntut dicabutnya ijin operasional perusahaan serat rayon tersebut. Tuntutan ditujukan kepada Pemerintah Kabupaten Sukoharjo sebagai pihak yang dianggap telah memberikan ijin berdirinya perusahaan serat rayon tersebut.

Dalam surat perjanjian antara warga terdampak limbah bau di seputaran kawasan lokasi pabrik di Kecamatan Nguter dan PT RUM telah disepakati sejumlah poin penting. Namun hingga batas akhir perjanjian tersebut, ternyata limbah udara yang selama ini diekeluhkan warga tidak juga hilang atau berkurang, sehingga dinilai terlah melakukan wan prestasi dan harus dicabut ijin operasionalnya.

“Aksi ini sebangi bentuk reaksi atas tindakan wanprestasi dari PT RUM atas hasil kepeakatan dari aksi sebelumnya sehingga PT RUM harus ditutup. Dan besok Kamis kita dari berbagai elemen masyarakat terdampak limbah bau aksi di depan Kantor Pemkab Sukoharjo dan tidak ada bendera lain selain Merah Putih,” tandas Narahubung Aksi 222, Jono.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge