0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Puluhan Santri Ponpes Darul Rabbani Keracunan 

(Ilustrasi) Korban keracunan mendapat perawatan di Puskesmas (dok.timlo.net/agung widodo)

Boyolali — Puluhan santri Pondo Pesantren Darul Robbani, Desa Pengkol, Karanggede, Boyolali mengalami keracunan usai makan siang, Senin (19/2). Korban mengalami muntah dan panas.

Beruntung petugas Puskesmas Karanggede langsung memberikan pertolongan. Para korban keracunan langsung ditanggani di ponpes. Setelah dilakukan penangganan medis, kondisi korban berangsur membaik.

“Tidak ada yang dirawat di rumah sakit, penangganan medis kita lakukan di Ponpes,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Boyolali, Sherly Jeanne Kilapong, Selasa (20/2).

Menurut Sherly, para santri mengalami keracunan setelah menyantap menu makan siang. Menu yang dihidangkan saat itu, Nasi, Bakwan Jagung, Tempe Goreng dan Sayur oseng-oseng. Usai makan siang, para santri langsung mengalami sakit kepala, muntah dan panas.

“Menu makanan yang tersisa kita amankan, nanti kita cek ke laboratorium, untuk mengetahui penyebab keracunan,” imbuh Sherly.

Meski begitu, lanjut Sherly, pihaknya mencurigai penyebab para santri mengalami keracunan dari air yang diminum. Pasalnya, air yang diminum dari isi ulang dituangkan ke dalam tong plastik. Dan para santri meminumnya menggunakan gayung.

“Dugaan kita dari air yang diminum, kita sudah ambil sampel nya untuk diuji di laboratorium,” pungkasnya

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge