0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Bermimpi Tentang Mantan, Apa Artinya?

Tidur. (DailyMail.)

Timlo.net—Walaupun pengalaman di masa lalu sudah berlalu, kadang-kadang ingatan tentang masa itu bisa kembali menghantui kita. Memproyeksikan pengalaman itu ke dalam hubungan yang baru, tidak hanya merusak kewarasan Anda. Tapi juga bisa merusak hubungan yang sedang Anda jalin.

Anda bisa berjuang supaya pengalaman masa lalu tidak mempengaruhi hubungan Anda saat ini. Tapi hanya sedikit yang bisa Anda lakukan jika Anda memimpikan mantan pacar Anda. Tentunya mustahil untuk seorang manusia mengendalikan mimpinya. Bagaimana jika Anda sudah lama tidak memikirkan sang mantan, tapi tiba-bita memimpikannya? Kenapa hal itu terjadi dan apa artinya?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Times of India menghubungi Dr. Avani Tiwari, konsultan psikiatri dan seksologi senior di Metro Multispeciality Hospitality, Noida, India. Dia menjelaskan arti mimpi tentang mantan pasangan itu.

“Dalam setiap mimpi ada usaha pemenuhan kepuasan yang gagal atau berhasil, sadar atau tidak sadar..mimpi sebenarnya memiliki arti tersembunyi, yang ternyata adalah pemenuhan sebuah keinginan,” tulis Freud.

Saat berbicara soal mimpi, akan ada penafsiran yang jelas dan harfiah. Ada juga penafsiran yang bersifat simbolis. Memimpikan mantan, teman, atau pasangan bisa memiliki beberapa arti, tulis Dr. Avani. Menurutnya ada beberapa makna:

Simbol kerinduan

Anda mungkin merindukan bagian dari hubungan Anda dengannya. Atau aktivitas yang biasa kalian lakukan berdua. Hal ini bisa terlihat jika dalam mimpi itu Anda melakukan sesuatu bersama sang mantan.

Simbol kebutuhan yang belum terpenuhi

Di sisi lain, mimpi itu berarti ada kebutuhan yang tidak terpenuhi. Anda ingin melakukan beberapa hal bersama mantan. Tapi saat masih bersama keinginan itu belum tercapai atau Anda merasa belum puas. Hal ini bisa berupa kegiatan fisik, dan emosional.

Ketidakpuasan dalam hubungan saat ini

Makna ketiga adalah Anda menginginkan sesuatu dari pasangan Anda sekarang. Keinginan itu bisa berupa aktivitas yang ingin Anda lakukan berdua. Atau bisa jadi Anda ingin pasangan Anda saat ini memiliki sifat tertentu. Sayangnya aktivitas itu dulu pernah Anda lakukan bersama sang mantan. Atau sifat atau kualitas yang Anda inginkan ada dalam pasangan adalah sifat atau kualitas yang ada pada mantan Anda.

Intinya, ujar Dr. Avani, Anda merasa ada yang kurang dari hubungan Anda saat ini. Anda secara tidak sadar merasa jika hal itu Anda dapatkan dari hubungan yang sebelumnya. Hal ini pada akhirnya akan muncul lewat mimpi.

Trauma dari hubungan sebelumnya

Memimpikan mantan pasangan tidaklah selalu berupa hal indah. Terutama jika hubungan sebelumnya Anda menjadi korban kekerasan fisik dan emosional. “Jika hubungan sebelumnya sangat tidak memuaskan atau bahkan traumatis, Anda mungkin menghubungkan hal negatif itu dengan mantan Anda,” ujar Dr. Avani.

“Seorang klien saya selalu bermimpi terkurung dalam sebuah ruang yang sangat kecil bersama dengan mantan suaminya. Hal ini indikasi jika perasaannya terhadap mantan suami menghalangi pertumbuhan profesionalnya,” terang Dr. Avani.

Oleh karena itu trauma dari hubungan masa lalu bisa merasuk ke dalam mimpi. Hasilnya Anda memperoleh mimpi buruk tentang mantan Anda.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge