0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

AI Google Bisa Prediksi Penyakit Jantung Dari Scan Mata

Jantung. (Slashgear.com.)

Timlo.net—Bagaimana Anda tahu Anda beresiko terkena penyakit jantung? Ada beberapa tanda yang jelas yang bisa kita lihat. Misalnya gaya hidup tidak sehat. Tapi apa yang kita lihat di permukaan seringkali bukanlah gambaran akurat dari apa yang terjadi di dalam. Itulah sebabnya tes yang lebih jauh diperlukan.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalam the Nature journal Biomedical Engineering, para peneliti Google mengembangkan sebuah artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. AI itu dibuat oleh anak perusahaan Google yang bekerja di bidang kesehatan Verily. AI itu bisa memprediksi penyakit jantung pada seorang pasien hanya dengan menscan mata mereka, tulis Ubergizmo.

Dengan menscan bagian belakang mata, AI itu bisa mengambil data tentang usia seseorang, tekanan darahnya, apakah dia perokok atau tidak dan seterusnya. Hal ini dianggap lebih cepat dibandingkan metode tes saat ini. Selain itu AI ini tidak memerlukan tes darah. Hal ini tentunya menolong mereka yang takut diambil darahnya saat tes kesehatan.

Hal ini memang terasa aneh jika scan mata bisa dipakai untuk menilai kesehatan jantung. Tapi menurut penelitian, dinding dalam mata bagian belakang dipenuhi dengan pembuluh darah. Pembuluh itu bisa menggambarkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk saat ini tes dengan AI ini memang belum bisa digunakan sebagai pengganti tes kesehatan saat ini. Tapi tes AI ini terdengar menjanjikan.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge