0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

UNS Gelontor Dana Rp 3 Miliar untuk Tim Bengawan

Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi melihat dari dekat kedua mobil yang akan berlaga (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelontor dana sebesar Rp 3 miliar untuk mendukung Bengawan Team berlaga di ajang Shell Eco-marathon, 8-11 Maret mendatang. Kompetisi tersebut digelar di Changi Exhibition Center, Singapura.

“Tim perwakilan UNS akan bersaing dengan ratusan tim dari berbagai sekolah dan pendidikan tinggi di Asia,” ungkap Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi saat melepas Tim Bengawan, di halaman Gedung dr Prakosa, Kampus Kentingan, Jebres, Solo, Senin(19/2).

Menurut Ravik, UNS mengirimkan dua tim dalam kompetisi ini. Yakni Bengawan Team 1 dengan prototype mobil bahan bakar gasoline, dan Bengawan Team 2 dengan prototype mobil bahan bakar diesel. “Kedua tim tersebut akan mengikuti kompetisi dalam kategori Internal Combustion Engine (ICE),” ungkapnya.

Kedua mobil tersebut, kata Rektor UNS, sifatnya baru Research and Development. Sehingga bentuknya belum terlalu bagus. Karena yang diutamakan kecepatan dan keiritan. “Ke depan kalau sudah ketemu formulanya tentang kecepatan dan keiritan, baru kemudian membuat rekayasa bodinya,” ujarnya.

Sementara itu, Shell Eco-marathon merupakan kompetisi yang disponsori oleh Shell untuk para pelajar atau mahasiswa di seluruh dunia, di mana mereka harus membuat kendaraan dengan efisiensi bahan bakar sebesar-besarnya. Beberapa kategori bahan bakar yang digunakan meliputi ICE (Internal Combustion Engine), Hydrogen dan Battery Electric. Kompetisi ini dilakukan secara tahunan di Asia, Eropa dan Amerika, dan pemenang dari masing-masing regional akan dikompetisikan dalam Drivers’ World Championship.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge