0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dibangun Bertahap, Pembangunan Taman EWS Telan Rp 2,5 Miliar

Foto udara Taman Hutan Kota Gergunung atau 1000 Pelangi (ist)

Klaten — Pembangunan Taman Eling Waspada Siaga (EWS) baru yang terintegrasi dengan Taman 1000 Pelangi Klaten diperkirakan menelan biaya hingga miliaran rupiah. Taman tersebut diklaim sebagai yang pertama versi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di tingkat nasional.

“Berdasarkan DED (Detail Engineering Design), dana yang dibutuhkan sekitar 2,5 miliar. Karena secara nasional ini taman kebencanaan pertama yang berada di tempat khusus tersendiri dan baru ada di Jepang,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Kesiapsiagaan BPBD Klaten, Nur Tjahjono, Senin (19/2).

Dikatakan, pembangunan taman untuk belajar mitigasi bencana tersebut dilakukan secara bertahap. Pembangunan tahap awal diperkirakan dimulai triwulan ketiga atau keempat tahun ini.

“Sementara untuk tahun ini dari Pemkab Klaten mengalokasikan Rp 750 Juta. Harapannya rampung cepat pada tahun depan, kalau tidak ya dua tahun lagi,” kata Tjahjono.

Disinggung lokasi wahana Taman EWS baru, kata dia, berdasarkan koordinasi bersama Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Klaten, sifatnya terintegrasi dengan fasilitas taman yang ada di Jalan Ki Ageng Gribig, Gergunung, Klaten Utara itu. Harapannya, masyarakat bisa rekreasi sekaligus mendapatkan edukasi kebencanaan.

“Nanti spot- spot wahananya, termasuk audio visual itu menyebar, tapi tetap terintegrasi. Cuma kelemahannya itu nanti butuh perawatan lebih untuk menjaga fasilitas yang ada. Sebab yang bermain pasti bukan hanya anak- anak PAUD, tapi juga masyarakat umum. Sehingga nanti juga kita siapkan kantor sekretariatan di sana,” beber Tjahjono.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge