0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Terinspirasi Jepang, Pemkab Siapkan Taman Kebencanaan di Hutan Kota

Taman Hutan Kota Gergunung atau dikenal Taman 1000 Pelangi (ist)

Klaten — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten berencana membangun Taman Eling Waspada Siaga (EWS) baru pada tahun ini. Taman untuk belajar mitigasi bencana tersebut nantinya akan terintegrasi dengan Taman 1000 Pelangi.

“Pada 2018 ini kita akan membuat Taman EWS baru di Taman Hutan Kota Gergunung atau dikenal 1000 Pelangi. Karena ini merupakan wujud kepedulian dari pemerintah daerah agar belajar mitigasi bencana sejak usia dini,” kata Kepala Seksi (Kasi) Kesiapsiagaan BPBD Klaten, Nur Tjahjono, Senin (19/2).

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait indeks resiko bencana (IRB) pada tahun 2016, Klaten berada di peringkat 414 dengan IRB 123 atau kategori sedang. Hal ini disebabkan enam ancaman bencana yaitu, gempa bumi, longsor, banjir, cuaca ekstrim, kekeringan, dan puting beliung.

Disisi lain, BPBD memiliki program penanggulangan bencana berbasis sekolah atau dikenal Sekolah Siaga Bencana. Program itu merupakan tindak lanjut dari Peraturan Bupati (Perbup) Klaten Nomor 6 tahun 2014 tentang kurikulum kebencanaan bagi murid PAUD/TK hingga tingkat SLTA/SMK.

Menurut Tjahjono, selama ini pembelajaran siaga bencana untuk PAUD/TK dilakukan di Taman EWS yang terletak di Jalan Andalas atau sebelah barat kantor BPBD Klaten. Di taman itu terdapat beberapa wahana untuk simulasi bencana, seperti gempa bumi, kebakaran, angin ribut, dan erupsi gunung, sesuai karakteristik ancaman bencana di Klaten.

“Kami sangat mengapresiasi peran guru hingga Dinas Pendidikan untul berkunjung secara gratis, mengenalkan anak didiknya di Taman EWS lama. Ini kalau pembangunan Taman EWS baru di Hutan Kota Gergunung sudah jadi, akan menjadi yang pertama versi BNPB di tingkat nasional, di tempat khusus tersendiri. Karena ini baru ada di Jepang,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge