0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pilgub Jateng, KPU Solo Siapkan 1016 TPS

Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo (dok.timlo.net/red)

Solo — Dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo akan mengerahkan sebanyak 9520 anggotanya disebar di seluruh kawasan Kota Solo. KPU Solo akan menyediakan sebanyak 1016 TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang tersebar hingga di tingkat RT.

“Berdasar data terakhir, petugas dari KPU ada sebanyak 9520 orang. Dan jumlah TPS mencapai 1016 TPS tersebar di hingga ke tingkat RT,” terang Ketua KPU Kota Solo, Agus Sulistyo, Senin (19/2) siang.

Menurut Agus, Kota Solo sebenarnya mendapat alokasi sebanyak 1883 TPS. Akan tetapi, pihaknya sengaja membuka 1016 TPS lantaran dinilai lebih efektif dengan total maksimal pemilih tiap TPS mencapai 800 orang,

“Semakin banyak TPS yang ditangani, resiko yang dihadapi juga makin besar. Untuk Pilgub kali ini, cukup menggunakan 1016 TPS,” kata Agus.

Dibandingkan dalam Pilgub tahun 2014 silam, KPU Kota Solo menyediakan sebanyak 1400-an TPS. Jumlah TPS dalam Pilgub kali ini disusutkan supaya tingkat kerumitan dalam penghitungan suara tidak terlalu tinggi.

“Dengan banyaknya TPS maka tingkat kerumitan penghitungan suara juga meningkat. Maka dari itu, kita padatkan supaya tinggat kerumitannya juga menurun,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge