0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Semar Barang Jantur, Strategi KPU Solo Sosialisasikan Pilbup 2018

Sosialisasi KPU kepada masyarakan untuk mengajak menyalurkan hak pilih mereka di Pilgub Jateng 2018 mendatang (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Mengusung sosok tokoh pewayangan Semar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo melakukan sosialisasi di sela kegiatan Kirab Boyong Kedhaton memperingati HUT Kota Solo ke 273. Bukan tanpa alasan, upaya ini dilakukan. Selain menekan biaya sosialisasi yang tidak sedikit, melalui kegiatan tersebut juga dirasa lebih mengena kepada penonton yang rata-rata merupakan warga Kota Bengawan.

“Kami ingin melakukan sosialisasi dengan mengajak masyarakat turut memberikan hak politiknya, baik dalam Pilgub, Pileg maupun Pilpres mendatang,” terang Ketua KPU, Agus Suliatyo, Minggu (18/2) pagi.

Dalam sosialisasi yang dilakukan, seluruh unsur penyelenggara pemilu membawa poster-poster ajakan kepada masyarakat untuk turut serta menyalurkan aspirasi dengan mencoblos pemimpin yang dikehendaki sesuai hati nurani. Tak hanya itu, mereka juga mengusung peringatan untuk mewaspadai informasi hoax serta kampanye gelap dengan tujuan menjatuhkan salah satu paslon.

“Kami menghimbau kepada masyarakat, untuk mewaspadai kabar hoax serta black compaign yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu dengan tujuan yang tidak baik,” kata Agus.

Terkait tema, Agus mengaku, pihaknya mengusung Semar Mbarang Jantur. Artinya, sosok punakawan yang mengabdi kepada masyarakat untuk menyebarkan kebaikan dan bermanfaat di kemudian hari.

“Mbarang Jantur tersebut dipentaskan dengan musik modern dan tradisional. Alhamdullilah, tadi masyarakat antusias dan kami yakin pesan kami tersampaikan,” ungkap Agus.

Rencananya, KPU Kota Solo bakal makin gencar melakukan sosialisasi saat mendekati momentum hari pencoblosan Pilgub yang digelar pada 27 Juni mendatang.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge