0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ratusan Alat Peraga Kampanye Liar Dicopot

Aparat Satpol PP memereteli APK paslon bupati wakil bupati Karanganyar. (foto:ist) ()

Karanganyar – Ratusan lembar alat peraga kampanye (APK) yang dipasang tanpa legalitas dipereteli tim gabungan Satpol PP, Panwaslu dan KPU Karanganyar. Aparat terlebih dahulu memetakan lokasi sebelum mengeksekusinya.

“Penurunan APK ini hingga Senin (19/2) besok. Kami telah memetakannya Kamis malam dan beberapa hari sebelumnya,” kata Kepala Satpol PP, Kurniadi Maulato kepada Timlo.net, Sabtu (17/2).

Penurunan APK menyasar lokasi di sepanjang jalan protokol, jalan penghubung antarkecamatan dan desa. Sesuai Perbup Karanganyar No 5 tahun 2013, hal-hal melanggar ketentuan pemasangan bisa ditindak.

Aturan itu mengatur atribut non komersil yang pemasangannya mutlak mengantongi izin dinas terkait. Larangannya dipasang di lingkungan sekolah dan tempat ibadah.

Ketua Panwaslu Karangayar, Kustawa Esye mengemukakan penertiban resmi akan dilakukan selama tiga hari mulai Jumat (16/2), hingga Senin (19/2) lusa. Sedangkan Kamis (15/2) malam sekadar memetakan sekaligus memereteli.

“Sasaran penertiban adalah semua gambar dan baliho yang selama ini dijadikan sebagai alat untuk sosialisasi paslon. Untuk selanjutnya pada saat masa kampanye, pemasangan semua gambar harus sesuai izin dan gambar atau baliho harus sudah standar termasuk penempatan nomor urut bagi paslon,“ ungkap Kustawa Esye.

Komisioner KPU Karanganyar dari Divisi SDM dan partisipasi masyarakat, Budi Sukramto mengatakan pemasangan APK pasangan calon akan difasilitasi.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge