0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tahun Politik Diprediksi Mampu Mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Solo –Pemilihan kepala daerah serentak diyakini dapat ikut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional pada 2018. Pasalnya, dengan adanya perhelatan tersebut daya beli ikut terkerek naik seiring dengan banyaknya uang yang bereda di tengah masyarakat.

“Banyaknya dana yang dianggarkan melalui APBD pada setiap daerah dan kebutuhan branding bagi para kandidat kepala daerah pasti akan meningkatkan belanja dan konsumsi di masyarakat,” ujar Vice President Intermediary Business, Adrian Maulana kepada wartawan, Jumat (16/2).

Beberapa pelaku usaha yang akan kebanjiran permintaan itu, diantaranya adalah pembuatan kartu nama, kaos, spanduk dan belanja iklan. Tidak hanya momentum Pilkada, menurutnya kondisi ekonomi saat ini juga cenderung mulai terjadi peningkatan seiring dengan adanya perbaikan ekonomi global dan berbagai bantuan yang digelontorkan pemerintah melalui mekanisme bantuan sosial.

“Dengan adanya bantuan sosial yang diberikan untuk masyarakat kurang mampu itu, tentunya akan berdampak kepada daya beli masyarakat yang semakin meningkat,” jelasnya.

Sementara itu, Deputi Kepala Bidang Advisori dan Pengembangan Ekonomi Daerah BI Solo, Taufik Amrozi menyampaikan, dari survey yang dilakukan kepada sejumlah pelaku industry di Soloraya, perbaikan ekonomi tahun ini sudah mulai banyak yang dirasakan.

“Tahun ini banyak pelaku industry yang cukup optimis pergerakan ekonomi semakin membaik. Karena diawal tahun ini ternyata permintaan yang sudah dilayani mereka mulai ada peningkatan yang cukup signifikan jika dibanding tahun sebelumnya,” terang dia.

Selain karena kondisi ekonomi global dan nasional yang dianggap mulai membaik, ditahun politik ini diprediksikan uang yang beredar atau out flow juga lebih banyak. Karena dibutuhkan untuk membiayai proses kampanye yang akan dilakukan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge