0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ratusan Preman Jalanan Diciduk

Timlo.net — Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya, Jawa Timur, menciduk sebanyak 113 orang yang diduga beraktivitas sebagai preman jalanan dalam sebuah razia yang digelar dalam sehari, Kamis (15/2).

“Razia digelar di seluruh wilayah hukum Polrestabes Surabaya,” ujar Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Polrestabes Surabaya Komisaris Polisi Lily Djafar kepada wartawan usai kegiatan razia di Surabaya.

Dia memaparkan, dari 113 orang yang terjaring razia, terbanyak adalah tukang parkir yang diduga liar.

“Mereka adalah tukang parkir yang tidak dilengkapi karcis resmi yang beroperasi di sejumlah ruas jalan Kota Surabaya,” katanya.

Tukang parkir yang diduga liar yang diamankan dalam kegiatan razia ini berjumlah 85 orang.

Lily menambahkan, petugas razia juga meringkus sebanyak 16 orang “Polisi Cepek”. Mereka adalah orang-orang yang mengutip imbalan uang kepada pengendara di berbagai tikungan jalan wilayah Kota Surabaya.

Selain itu juga turut diciduk tujuh orang pengamen jalanan, serta lima orang yang tidak membawa identitas kartu tanda penduduk (KTP), sehingga seluruhnya yang terjaring razia berjumlah 113 orang.

Menurut Lily, untuk lima orang yang tidak membawa KTP kemudian dijemput oleh pihak keluarganya di Polrestabes Surabaya.

“Lima orang ini sudah diperbolehkan pulang setelah pihak keluarganya mengantarkan KTP-nya masing-masing kepada petugas di Polrestabes Surabaya,” ujarnya.

Ratusan orang yang terjaring razia lainnya digiring ke Markas Polrestabes Surabaya untuk dilakukan pendataan dan pembinaan.

Perilaku mereka dianggap meresahkan masyarakat karena di antaranya telah memungut uang imbalan yang dinilai berlebihan dan melanggar hukum.

Bagi yang terbukti melanggar hukum, polisi memprosesnya sesuai aturan perundag-undangan tindak pidana.

“Beberapa orang di antaranya dijatuhi sanksi tindak pidana ringan, serta sebagian lainnya ada yang langsung dipulangkan setelah dilakukan pembinaan oleh petugas kami di Polrestabes Surabaya,” ucap Lily.

Sumber : Antara

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge