0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Inilah Tugas Pjs Bupati Karanganyar

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyaksikan para pejabat pemrov menandatangani berita acara penugasan Pjs bupati/walikota (ist)

Karanganyar — Pelaksana jabatan bupati Karanganyar mengemban tugas menjaga ASN tetap netral selama perhelatan Pilbup Karanganyar dan Pilgub Jawa Tengah. Berbagai tugas juga menanti selama menjabat lima bulan ke depan.

“Kalau ada masalah atau kasus tolong untuk teman-teman yang menjabat sebagai Pjs membantu memecahkan permasalahan yang ada. Saya yakin, teman-teman Pjs ini tidak nakal, paling hanya membenahi untuk birokrasinya saja,” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Rabu (13/2) dalam rilis Diskominfo Karanganyar yang diterima Timlo.net, Kamis (15/2).

Di satu hari sebelum dirinya juga mengambil cuti tanpa tanggungan negara, bupati menyempatkan diri mengukuhkan para pjs bupati/walikota. Mereka menggantikan sementara jabatan tersebut selama pejabat definitif nyalon lagi.

Disampaikannya, para Pjs bertuga memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat, memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota definitif serta menjaga netralitas PNS. Selanjutnya melakukan pembahasan rancangan Perda dan dapat menandatangani Perda setelah mendapat persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri. Dapat juga melakukan pengisian pejabat berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dalam melaksanakan tugas dan wewenang, Pjs Bupati bertanggung jawab kepada Mendagri.

“Pjs Bupati berakhir saat bupati dan wakil bupati selesai menjalankan cuti di luar tanggungan negara pada 23 Juni 2018. Selanjutnya Pjs Bupati menyerahkan laporan hasil pelaksanaan tugasnya kepada Mendagri melalui Gubernur Jateng,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge