0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Meningkat, Minat Masuk ke Fakultas Pertanian

Humas PT Sidomuncul Bambang Supartoko saat berbicara di depan mahasiswa (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Sudah waktunya membangun citra pertanian konvensional menjadi pertanian modern. Pembangunan citra tersebut agar menjadi daya tarik bagi generasi muda di bidang pertanian.

“Artinya agar tidak ada lagi image pertanian itu berat, kotor, dan panas-panas. Padahal semua bisa dilakukan dengan mudah. Terjun di dunia pertanian tidak perlu on farm di lahan langsung, tapi juga bisa off farm melalui prospek bisnis,” ungkap Humas PT Sidomuncul Bambang Supartoko saat berbicara pada acara Seminar Sehari Pertanian, di Kampus Universitas Tunas Pembangunan (UTP), Balekambang Solo, Kamis (15/2).

Menurut Bambang, dengan perkembangan teknologi bidang pertanian kini menjanjikan kesejahteraan ekonomi yang lebih baik. Pertanian juga memberi peluang usaha dengan wawasan agribisnis di semua sub sektor.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian UTP, Endang Suprapti mengungkapkan, saat ini minat generasi muda terhadap pertanian sudah mulai meningkat. Hal ini dapat dilihat dari tingkat ketertarikan mahasiswa Fakultas Pertanian UTP yang melonjak 200 persen.

“Karena bidang pertanian yang menjanjikan masa depan. Artinya pada dasarnya hingga sekarang pertanian dapat diandalkan. Ditambah lagi sekarang dengan lahan yang sempit bisa dimanfaatkan untuk budi daya tanaman. Ini yang mengubah mindset generasi muda bahwa pertanian itu berat,” katanya.

Seiring dengan itu, kata Endang, saat ini Indonesia perlu regenerasi petani agar swasembada pangan bukan hanya sekadar isapan jempol belaka. Minimnya jumlah petani dengan usia produktif mempengaruhi stok pangan.

“Sehingga diharapkan nantinya para mahasiswa dapat peduli dengan kondisi pertanian di Indonesia,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge