0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Imlek, KBRI di Beijing Tutup Sepekan

ilustrasi (sumber: PxHere)

Timlo.net – Kantor Kedutaan Besar RI di Beijing, China tutup selama tujuh hari selama selama musim libur Tahun Baru Imlek. Penutupan dilakukan mulai Kamis (15/2) ini.

Beijing, 15/2 (Antara) – Kedutaan Besar RI di Beijing,China tutup selama tujuh hari, termasuk akhir pekan, selama musim libur Tahun Baru Imlek, mulai Kamis.

“Kami mengikuti peraturan yang diberlakukan oleh pemerintah Tiongkok mengenai libur Imlek,” kata Kuasa Usaha Ad-Interim KBRI Beijing, Listyowati.

Meskipun tutup, namun KBRI yang berlokasi di Jalan Raya Dongzhimen Wai No 4 tersebut tetap memberikan pelayanan kekonsuleran selama 24 jam.

Pelayanan kekonsuleran itu diberikan jika sewaktu-waktu ada kasus luar biasa yang dialami oleh warga negara Indonesia di China.

KBRI Beijing baru kembali beroperasi pada Kamis (22/2) sama seperti perkantoran di daratan Tiongkok tersebut. Untuk mahasiswa perguruan tinggi dan siswa sekolah negeri dan swasta di China sudah libur sejak pertengahan Januari lalu dan baru masuk pada 1 Maret 2018, sedangkan sekolah internasional jadwal liburnya mengikuti jadwal perkantoran dan kedutaan.

Pada hari pertama Imlek, suasana di Kota Beijing lengang. Tidak ada kemacetan di jalan-jalan utama di Ibu Kota China berpenduduk 21,7 juta jiwa itu.

Suasana tersebut sudah terasa sejak akhir pekan lalu. Kereta bawah tanah dan bus kota di Beijing sudah tidak lagi dipadati para penumpang seperti pada hari kerja.

Sebaliknya, kereta api, baik cepat maupun reguler justru dijubeli para penumpang dari Beijing ke berbagai daerah.

Pemandangan ini persis seperti suasana mudik Lebaran di Indonesia, meskipun tidak semasif di China yang penduduknya mencapai angka 1,4 miliar jiwa.

Pemerintah China telah memperkirakan warganya melakukan 2,98 miliar perjalanan yang dilakukan warga China menjelang dan sesudah Hari Raya Imlek yang berlangsung pada 1 Februari hingga 12 Maret 2018 yang lazim disebut dengan “chunyun” itu.

Selain perjalanan dalam negeri, warga China juga mengisi liburan Hari Raya Imlek untuk berwisata ke berbagai negara.

Presiden China Xi Jinping beberapa hari sebelumnya telah melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah daerah untuk memastikan perayaan Imlek berlangsung lancar, termasuk pasokan logistik di masyarakat.

Sumber: Antara

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge