0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ini Upaya TNI/ Polri Mengikis Paham Radikal yang Tertanam

Rumah terduga teroris yang ada di kawasan Mipitan, Pasar Kliwon, Solo (foto: Achmad Khalik)

Solo — Ada sebanyak tujuh orang mantan narapidana teroris (eks-Napiter) yang berada di Kawasan Kecamatan Pasar Kliwon, Solo. Eks Napiter yang ada di kawasan tersebut dipantau dan mendapat perhatian khusus dari anggota aparat kepolisian.

“Dari data yang kami miliki, ada sekitar tujuh eks napiter yang ada di kawasan hokum Polsek Pasar Kliwon. Mereka kita ajak untuk kembali ke masyarakat dan melupakan kesalahan yang telah mereka lakukan. Lantaran telah menjalani masa hukuman,” terang Kapolsek Pasar Kliwon AKP Aditya Mulya Ramdhani kepada Timlo.net, Kamis (15/2) pagi.

Dalam membina eks Napiter ini, kata Kapolsek, bukanlah pekerjaan mudah. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di Kawasan Kampung Mipitan, Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon. Seorang eks Napiter berinisial HS kembali dicokok anggota Densus 88 di rumahnya. Padahal, pihaknya juga telah merangkul supaya tidak melakukan tindakan terorisme.

“Kita sudah berupaya maksimal dengna mengerahkan unsur Bhabinkamtibmas guna mengawasi sekaligus merangkul mereka agar dapat diterima di masyarakat. Tapi, ada saja yang gagal dan kembali ke kelompoknya lagi,” kata Kapolsek.

Hal yang sama juga dilakukan oleh anggota Koramil Pasar Kliwon dalam membina eks napiter. Kerapkali, anggota Babinsa Koramil Pasar Kliwon menyambangi eks Napiter hanya untuk bersilaturahmi bersama mereka. Upaya ini dilakukan, supaya paham radikal yang tertanam di pemikiran mereka sedikit demi sedikit terkikis dengan adanya motivasi dari aparat.

Sementara itu, salah seorang eks napiter berinisial AK mengaku sangat berterima kasih dengan kepedulian dan perhatian yang diberikan oleh para aparat. Dalam mengisi kesehariannya, tak jarang dia bersama anak istrinya mengikuti kegiatan salat berjamaah dan kajian di masjid sekitar Kecamatan Pasar Kliwon.

“Saya berterima kasih kepada bapak aparat dan semoga silaturahmi ini senantiasa terjalin,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge