0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Antisipasi Pungli, Pemkab Antarkan Langsung SK Pensiun PNS

Kantor Bupati Klaten (dok.timlo.net/ist)

Klaten — Kabar gembira bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sudah menjalani masa pensiun. Pemkab Klaten melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) mulai tahun ini memberikan layanan pengantaran Surat Keputusan (SK) pensiun.

“Layanan ini khusus bagi PNS golongan pembina tingkat I (IV/b) ke bawah.  Karena untuk golongan IV/c ke atas itu dari pusat. Jadi SK pensiunnya nanti langsung diantarkan ke tempat kerjanya satu per satu,” ujar Kepala BKPPD Klaten Surti Hartini, Kamis (15/2).

Berdasarkan data, jumlah PNS di lingkungan Pemkab Klaten sebanyak  10.696 pegawai. Dari jumlah itu, sekitar 700 pegawai akan memasuki masa pensiun pada tahun ini. Sedangkan BKPPD telah mengantarkan SK pensiun langsung ke 30 PNS sejak Januari kemarin.

Surti mengungkapkan, layanan pengantaran langsung SK pensiun bertujuan untuk memangkas birokrasi dalam pengurusan SK pensiun sebelumnya. Selain itu, mengantisipasi tindakan pungutan liar (Pungli). Pasalnya ada kekhawatiran jika mengurus SK pensiun ada tambahan pungutan biaya.

“Saya tegaskan seluruh pengurusan ini gratis. Tidak ada penarikan biaya sepeser pun. Jika dalam pengurusan SK pensiun itu ada pungutan, maka itu bukan dari kami. Tetapi kalau ada oknum pegawai yang kedapatan menarik pungutan tentunya akan kita serahkan pada sanksi disiplin yang berlaku,” tegas Surti.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge