0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rawat Lingkungan Sungai, Warga Bangun Taman Ki Narto Sabdho

Taman Ki Narto Sabdho di bantaran sungai Ujung di Pandes, Kecamatan Wedi, Klaten (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Berkeinginan menciptakan ruang terbuka hijau, Pemerintah Desa Pandes, Kecamatan Wedi, Klaten membangun sebuah taman mungil di bantaran Sungai Ujung. Pasalnya, Pandes merupakan salah satu desa yang gencar mengampanyekan gerakan bersih sungai.

“Selama ini kita kan masif mengelola sungai. Nah, taman ini fungsinya sebagai titik kumpul, tempat bersantai hingga sharing ide yang ujungnya masyarakat ikut handarbeni (rasa memiliki) menjaga lingkungan sekitar. Apalagi tiap sore di sini banyak orang yang memancing ikan,” kata Kepala Desa (Kades) Pandes, Heru Purnama, Kamis (15/2).

Taman yang diberi nama “Ki Narto Sabdho” ini terletak persis di utara jalan setelah jembatan menuju Dukuh Krangkungan, Pandes. Panjang taman terlihat mungil sekitar 200 meter lantaran masih tahap pembangunan. Namun begitu sudah dapat digunakan untuk duduk- duduk melepas lelah.

Menurut Heru yang juga koordinator Forum Masyarakat Peduli Kali Ujung dan Kali Dengkeng Wedi, pembangunan taman dimulai sejak akhir 2017. Adapun sumber pendanaannya berasal dari APBD Kabupaten Klaten.

“Dibangun Desember. Pembangunannya satu paket kegiatan dengan pembuatan gapura dan rehab makam. Total anggarannya Rp 40 juta. Selain itu juga berasal dari swadaya masyarakat selama gotong royong membangun taman,” ujar Heru.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge